Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran - Lebaran menjadi momen spesial setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Pada hari Lebaran, aneka makanan tersaji mulai dari ketupat, opor, rendang, kue-kuean dan lain sebagainya. Banyaknya makanan yang ada terkadang membuat kita kesulitan dalam mengontrol nafsu makan. Akibatnya, setelah Lebaran banyak yang mengeluh berat badannya bertambah.

Bertambahnya frekuensi makan setelah Lebaran akan membuat berat badan melonjak. Selain itu, sebenarnya ada beberapa hal lainnya yang menjadi penyebab badan semakin melebar, beberapa di antaranya seperti berikut ini.

Baca Juga:

Mengonsumsi makanan tinggi gula. Aneka kue yang tersaji saat Lebaran tinggi akan kandungan gula. Ditambah dengan berbagai minuman manis yang tersaji saat Lebaran akan membuat asupan gula pada tubuh anda semakin bertambah. Hal ini akan membuat semakin bertambahnya berat badan dan risiko diabetes, serta obesitas akan semakin meningkat.

Mengonsumsi makanan tinggi kalori. Makanan khas Lebaran biasanya tinggi akan kalori, seperti misalkan ketupat, rendang, gula ayam dan lain sebagainya. Makanan tersebut dibuat dengan santan yang memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi.

Kurang istirahat. Banyaknya keluarga yang mudik saat Lebaran tentu menjadi momen yang sangat menyenangkan. Lama tidak berjumpa, membuat kita ingin menghabiskan waktu lebih lama bersama mereka dengan bercengkrama dan melakukan kegiatan menyenangkan lainnya. Bahkan kumpul bersama keluarga terkadang membuat kita lupa waktu sehingga memaksa anda begadang, bahkan hingga beberapa hari. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya waktu tidur anda dan hormon ghrelin mengalami peningkatan sehingga akibatnya akan memicu nafsu makan anda. ( Baca juga : Tips Kecilkan Betis )

Aktivitas fisik yang kurang. Kurangnya aktivitas fisik akan menyebabkan kenaikan berat badan karena kalori yang masuk lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang dibakar. Berlebihnya kalori pada tubuh akan menyebabkan peningkatan berat badan.

Tips-menurunkan-berat-badan-setelah-lebaran.jpg

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Banyak yang mengeluh berat badan naik setelah Lebaran namun ada juga yang bisa mempertahankan berat badannya. Untuk anda yang mengalami kenaikan berat badan setelah Lebaran jangan khawatir, karena anda bisa mengembalikan berat badan seperti semula. Berikut ini beberapa tips menurunkan berat badan setelah Lebaran yang bisa anda perhatikan.

Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Seperti yang kita ketahui semua mengonsumi air putih yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Sehingga kita disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup dalam setiap harinya. Nah, mengonsumsi air putih juga dianjurkan jika anda hendak menjalankan diet sehat. Air putih diketahui dapat menghilangkan lemak pada tubuh.

Setelah lebaran, aneka hidangan lezat tentunya tersaji di rumah anda. Mengonsumsi aneka makanan bersantan tentunya akan membuat lemak tertimbun pada tubuh anda. Untuk menghancurkan lemak tersebut anda bisa minum air putih yang cukup sebagai tips menurunkan berat badan alami yang bisa anda coba.

Olahraga

Melakukan olahraga dengan teratur memiliki peran yang penting untuk menjaga berat badan. Melakukan olahraga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan membakar kelebihan kalori.

Bagi anda yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan setelah Lebaran, aktivitas fisik yang tinggi dibutuhkan, kecuali jika anda menyesuaikannya dengan diet yang anda lakukan. serta mengurangi asupan kalori dalam tubuh.

Beberapa olahraga intensitas tinggi yang akan membantu mengontrol berat badan di antaranya yaitu berenang, lari atau jogging, lompat tali, futsal, basket dan sepak bola. Akan tetapi, jika anda hanya ingin menjaga berat badan atau mempertahankannya saja supaya tetap stabil setelah Lebaran, olahraga yang bisa anda lakukan cukup dengan intensitas sedang hingga 150 menit, dan olahraga intensitas tinggi hingga 75 menit. Olahraga yang dapat dilakukan agar berat badan terkontrol setelah lebaran yaitu bersepeda santai,  jalan cepat setidaknya 15 menit, bermain dengan anak-anak dan membereskan rumah. Namun, setiap orang biasanya memiliki perbedaan waktu dari olahraga atau aktivitas fisik yang diperlukan.

Berhenti Mengonsumsi Kue Lebaran

Aneka kue lebaran tentunya tersaji di rumah anda. Bahkan kue Lebaran tersebut tidak akan habis seminggu atau dua minggu setelah Lebaran. Namun, demi menjaga berat badan sebaiknya anda kurangi atau hindari mengonsumsi kue Lebaran tersebut. Mengonsumsi makanan yang mengandung gula, seperti aneka kue Lebaran akan menyebabkan kenaikan berat badan.

Memperbanyak Asupan Sayuran

Sayuran menjadi salah satu makanan sehat yang dianjurkan untuk diet. Anda bisa memasukan sayuran pada menu makan sehari-hari karena selain sehat juga bermanfaat sebagai tips diet sehat yang anda lakukan. Sebaiknya ganti juga cemilan anda dengan sayuran, misalkan salad buah.

Memilih Menu Sarapan yang Tepat

Sarapan tidak boleh kita lewatkan. Dengan sarapan kita akan memiliki energi yang cukup untuk memulai aktivitas. Hanya saja, untuk anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, sangat penting untuk memperhatikan menu sarapan yang anda konsumsi. Agar program diet yang anda jalankan sukses, anda bisa mengganti menu sarapan anda  dengan oatmeal. Agar tidak bosan mengonsumsinya, anda bisa mengkreasikannya sesuai selera anda, seperti mengkombinasikannya dengan buah favorit dan lain sebagainya. Selain sebagai tips diet, oatmeal juga menjadi menu sarapan yang sehat.

Buah-Buahan

Selain sayuran, buah-buahan juga menjadi makanan sehat untuk diet. Anda juga dapat mengganti cemilan dengan konsumsi buah-buahan sehat. Sebaiknya sediakan buah segar sebagai cemilan anda. Buah-buahan akan menjadi cemilan sehat yang mengenyangkan sehingga anda tidak akan makan berlebihan.

Hindari Mengonsumsi Gorengan

Memang sulit menghindari konsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng. Selain itu, makanan yang digoreng juga biasanya terasa lebih nikmat. Hanya saja, untuk diet makanan yang digoreng tidak baik. Oleh karena itu, sebaiknya anda memilih makanan yang diolah dengan cara di rebus, dipepes, disteam atau dikukus sesuai selera.

Hindari Minuman Bersoda, Ganti dengan Minuman Sehat

Saat sedang haus, minum minuman segar akan terasa begitu nikmat. Usahakan anda tidak minum minuman yang mengandung soda maupun sirup. Sebaiknya anda mengganti minuman tersebut dengan jus buah. Selain lebih sehat, juga bermanfaat untuk diet yang anda lakukan. Selain itu, minum jus buah segar juga akan menjadikan tubuh anda lebih bugar dan sehat.

Mencukupi Waktu Istirahat

Menjaga agar tubuh selalu sehat setiap harinya sangat penting dilakukan. Agar kondisi tubuh anda tetap bugar, anda harus tidur minimal 7 jam dalam setiap harinya.

Hindari Stres

Ketika sedang stres, beberapa orang memiliki kebiasaan makan berlebihan. Berdasarkan sebuah studi menemukan, wanita yang mengeluarkan hormon kortisol paling banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi setelah stres.

Anda harus dapat mengelola stres dengan baik. Cobalah untuk meditasi, belajar yoga ataupun melakukan latihan pernapasan yang sederhana.

Makan dengan Perlahan

Makan dengan perlahan akan dapat menekan nafsu makan. Makanlah dengan perlahan sambil merasakan rasa, tekstur dan aroma dari makanan yang anda santap. Diketahui teknik ini menjadi  terapi untuk mereka yang sulit dalam menekan nafsu makan.

Tidak Melewatkan Waktu Makan

Banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan membatasi makannya. Padahal sebenarnya membatasi waktu makan bukanlah cara yang tepat. Pasalnya, jika anda melewatkan waktu makan akan membuat keinginan makan anda lebih banyak.

Berdasarkan sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan makan 3 kali dalam sehari justru akan meningkatkan pembakaran lemak dibandingkan makan kurang dari 3 kali sehari. Hormon ghrelin akan meningkat apabila waktu makan terlewat yang akan menyebabkan anda lebih mudah lapar.

Kurangi Konsumsi Makanan Manis dan Berlemak

Minuman atau makanan bercita rasa manis dan mengandung lemak akan menyumbangkan kalori pada tubuh anda. Selain itu, makanan tersebut juga bisa memicu masalah kesehatan yang lainnya seperti diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, stroke bahkan hingga penyakit jantung. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak atau makanan bercita rasa manis.

Minuman Sehat Untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Jus buah-buahan menjadi salah satu minuman sehat yang disarankan saat diet. Selain itu, untuk membantu menurunkan berat badan setelah Lebaran, ada beberapa minuman sehat yang dapat membantu mendetoks tubuh anda dari lemak. Berikut ada beberapa minuman sehat yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. ( Lihat juga : 4 Buah Untuk Diet )

  • Air Jeruk

Selain terasa segar, air jeruk juga dapat membantu meminimalisir lemak pada tubuh. Hanya saja, hindari mencampurkan air jeruk lemon dengan pemanis atau gula untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Agar metabolisme tubuh anda lebih cepat, serta proses menghilangkan lemak makanan menjadi lebih maksimal, sebaiknya campurkan dengan air hangat.

  • Air Kelapa Muda

Air kelapa muda mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Buah kelapa mengandung tinggi kalium, serta natriun yang selain menyegarkan juga dapat membantu mengobati masalah pencernaan, misalkan infeksi pencernaan. Minuman ini baik untuk anda yang sedang mengalami diare yang disebabkan karena konsumsi makanan yang sedikit mengandung serat dan makanan santan.

  • Teh Hijau

Teh hijau memiliki manfaat agar metabolisme tubuh lebih baik, serta proses pembakaran lemak lebih cepat. Hanya saja, meskipun manfaatnya bagus namun anda tetap harus membatasi konsumsi teh hijau 100 sampai 750 miligram untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Air Jahe

Saat atau setelah Lebaran, mengendalikan nafsu makan menjadi tantangan yang cukup berat. Anda dapat mengonsumsi air jahe karena memiliki khasiat untuk menekan nafsu makan. Agar rasanya lebih lezat, anda sebaiknya mencampurkannya dengan madu. Madu akan memberikan rasa manis alami dan tentunya membuat minunam jahe yang anda buat lebih segar.

  • Jus Belimbing

Jus belimbing efektif dalam menjaga berat badan. Buah belimbing memiliki khasiat untuk menekan nafsu makan sehingga dapat mencegah anda ngemil banyak.

  • Kopi Hijau

Lain halnya dengan kopi hitam, kopi hijau mengandung kafein yang bermanfaat. Kopi hijau mengandung asam klorogenat yang dapat membantu mendetoks tubuh, serta membantu kolesterol turun dengan alami. Mengonsumsi kopi hijau cocok bagi anda yang telah mengonsumsi banyak makanan mengandung santan.

  • Jus Markisa

Jus markisa bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Selain itu, jus markisa  juga dapat membantu mengatasi insomnia yang anda alami sehingga anda akan mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Nah, demikian beberapa tips menurunkan berat badan setelah Lebaran. Supaya berat badan turun anda harus menerapkan pola makan sehat, mencukupi waktu istirahat, olahraga dengan teratur dan menghindari stres. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...