Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran - Setelah berpuasa selama sebulan penuh, umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Segala persiapan biasanya dilakukan untuk menyambut hari kemenangan ini. Berbagai makanan dan kue dihadirkan untuk menyambut tamu yang datang ke rumah kita.

Di momen Idul Fitri ini tak jarang kita mengonsumsi banyak makanan sehingga menyebabkan kenaikan berat badan. Namun, jangan khawatir sebab anda bisa menerapkan beberapa cara untuk membantu menurunkan berat badan setelah lebaran. Jika dilakukan dengan konsisten, berat badan anda akan turun seperti yang diinginkan. Nah, berikut ini tips menurunkan berat badan setelah lebaran yang bisa  anda coba.

Baca Juga:

Baca juga :

 Tips-Menurunkan-Berat-Badan-Setelah-Lebaran.jpg

Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Tips menurunkan berat badan setelah lebaran bisa dilakukan dengan memperhatikan pola makan, olahraga dengan teratur hingga mencukupi waktu tidur. Untuk lebih jelasnya anda bisa simak tips menurunkan berat badan setelah lebaran di bawah ini.

Perhatikan Kalori

Tips diet setelah lebaran yang pertama yaitu dengan mengontrol kalori harian. Untuk wanita rata-rata kebutuhan kalori yaitu sebanyak 1.200 hingga 1.500 kalori, sedangkan untuk pria sekitar 1.500 hingga 1.800 kalori. Anda bisa mengontrol kalori harian agar berat badan turun setelah lebaran. Pastikan anda juga memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi. Menu makan yang dikonsumsi juga harus sehat dan seimbang.

Kurangi Ngemil

Hari Raya Idul Fitri identik dengan suguhan aneka kue. Kue labaran yang masih tersisa biasanya akan dinikmati sendiri setelah lebaran.

Ngemil terus menerus dapat meningkatkan berat badan. Oleh karena itu, jika anda bermaksud untuk menurunkan berat badan, maka sebaiknya anda mengurangi ngemil, termasuk ngemil kue lebaran. Kue lebaran biasanya terbuat dari adonan dengan kandungan gula dan tepung. Dimana kedua bahan ini akan dapat menyebabkan berat badan naik apabila dikonsumsi dengan berlebihan.

Jika ingin ngemil sebaiknya anda memlih cemilan yang lebih sehat, misalkan kue yang tidak mengandung gula banyak serta buah-buahan. Anda dapat makan ketika sudah lapar. Jika belum waktunya makan berat anda bisa mengonsumsi makanan ringan sebagai penahan.

Berolahraga

Diet setelah lebaran yang anda jalankan sebaiknya imbangi dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga. Melakukan olahraga akan membantu membakar lemak. Ada banyak jenis olahraga yang bisa anda lakukan, salah satu jenis olahraga yang sederhana dan mudah dilakukan yaitu jalan kaki.

Penuhi Kebutuhan Tidur

Berdasarkan penelitian, kurang tidur mempunyai hubungan dengan meningkatnya nafsu makan. Kurang tidur bisa mempengaruhi kadar leptin dan ghrelin yang merupakan hormon penting untuk pengaturan lapar dan nafsu makan. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan nafsu makan yang berlebihan yaitu dengan memenuhi kebutuhan tidur.

Sarapan Menu Bergizi

Saat sarapan anda harus memilih menu makan yang bergizi. Jika anda memulai hari dengan mengonsumsi makanan sehat maka akan membantu anda agar makan dengan lebih teratur. Dengan sarapan terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas juga akan mencegah makan siang dengan berlebihan.

Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Minum air yang cukup penting untuk kesehatan dan dapat mencegah masalah dehidrasi. Selain itu, memenuhi kebutuhan cairan juga akan memaksimalkan cara menurunkan berat badan yang anda lakukan, serta menjaga agar nafsu makan tetap terkendali. Dengan meningkatkan asupan air juga akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar kelebihan kalori.

Itulah beberapa tips menurunkan berat badan setelah lebaran yang bisa anda ikuti. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...