Dewasa ini makeup seolah telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup yang selalu dihadirkan dibanyak kalangan. Bukan hanya orang dewasa, anak remaja pun mulai senang bermakeup. Uniknya, jika biasanya penggunaan makeup zaman dahulu lebih sering menjadi gaya hidup perempuan, namun kini kaum pria pun tidak sedikit yang seringkali berias dengan menggunakan makeup.

Tujuannyatentu saja untuk menutupi kekurangan yang dianggap terlihat tidak menarik dan menonjolkan sisi sempurna dari sebuah tampilan. Tak heran, bila industri makeup kian hari kian menjadi bisnis yang menjanjikan. Nah, untuk kamu yang sering bermakeup tentu kamu punya banyak produk makeup di rumah dengan aneka macam dan jenis.

Baca Juga:

Menyimpan makeup sebainya tidak dilakukan dengan sembarang dan asal terlihat tertutup saja. Sebab salah-salah menyimpan makeup maka hal ini bisa mungkin membuat permasalahan seperti tumbulnya bakteri pada makeup malah terjadi. Akibatnya, makeup menjadi tercecer dan terkontaminasi dengan bakteri yang bisa menginfeksi tubuh. Untuknyalah, dibawah ini mari kita simak tips menyimpan agar tetap rapi dan terjaga kebersihannya.

Kuas Makeup

Peralatan yang pertama yang penting diperhatikan dengan baik cara penyimpananya adalah kuas makeup atau brush makeup. Sebagai seorang yang senang dengan makeup, penggunaan brush makeup akan sangat membantu guna memudahkan anda untuk bisa mengaplikasikan makeup pada bagian wajah dengan lebih mudah dan lebih merata. Itulah mengapa, dalam dunia makeup penggunaan brush makeup menjadi aplikator yang tidak pernah dilewatkan penggunaannya.

Hanya saja, seringkali banyak wanita kurang cermat dalam memperhatikan penyimpanan brush makeup. Kebanyakan dari mereka tidak punya cukup waktu untuk merapikan dan menata peralatan makeup ini dalam wadah lain agar tidak tercampur dengan produk makeup dan peralatan lainnya. Padahal, brush makeup yang sering digunakan akan dapat berdampak bahaya apabila penyimpanannya tidak diperhatikan dengan baik.

Salah-salah, bakteri dan kuman yang tidak terlihat dari benda atau produk lainnya akan mencemari brush makeup anda dan ketika digunakan maka peralatan ini sudah tercampur dengan bakteri dan kuman. Akibatnya, permasalahan semacam ini bisa mungkin membuat kulit anda menjadi gatal-gatal dan ruam menjadi permasalahan yang akan sulit untuk dihindarkan.

Lantas bagaimana cara menyimpan brush makeup yang baik dan benar? Caranya adalah dengan memisahkan brush makeup dalam wadah terpisah dari produk makeup lainnya. Kamu bisa menggunakan topless dengan warna-warni guna memudahkan kamu untuk mengelompokkan mana brush yang sudah digunakan mana brush yang masih belum digunakan. Pengelompokan semacam ini menjadi hal penting yang perlu untuk dilakukan.

Sebab brush yang baru akan tentu ikut terkontaminasi dengan kotoran yang sama dengan brush yang sudah sering digunakan ketika kamu menempatkannya dalam satu wadah yang sama. Maka dari itu, masukkan brush kedalam topless dan pastikan bagian bulu brush menghadap kebagian atas dengan sempurna.

Eyeshadow

Selain kuas makeup, produk makeup seperti eyeshadow pun menjadi bagian yang penting dimana proses penyimpanannya perlu diperhatikan dengan baik. Apalagi makeup eyeshadow biasanya menjadi salah satu bagian makeup yang paling sulit untuk disusun dalam satu wadah yang sama.

Hal ini dikarenakan biasanya eyeshadow adalah bagian makeup dengan kemasan dan wadah yang berbeda-beda. Terutama bila kamu seringkali mengkoleksi aneka eyeshadow makeup dari brand-brand yang berbeda. Maka biasanya bentuk dan ukuran yang berbeda akan cenderung membuat kamu kesulitan untuk menempatkan makeup ini dalam satu wadah yang sama.

Meski demikian, bukan berarti kamu tidak bisa mengatur dan menyimpan mereka dalam satu wadah. Hanya saja, kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan lemari atau laci dengan ukuran yang besar. Selain itu, penggunaan sekat pada laci akan menjadi pemisah yang penting untuk kamu sesuaikan. Hal ini dikarenakan hanya dengan menggunakan pemisah maka kamu akan lebih mudah menyimpan makeup eyeshadow dalam satu wadah yang sama namun mereka tetap berjajar dengan rapi.

Adapun bila kamu berencana untuk membuat lemari khusus sendiri di rumah. Maka pemisah atau sekat yang bisa kamu gunakan akan dapat kamu sesuaikan dengan material yang kamu inginkan. Pastikan pula makeup-makeup eyeshadow ini ditempatkan dalam wadah yang aman. Agar jangan sampai mereka rusak atau malah pecah karena tentunya kamu akan sangat mengalami kerugian yang besar. Apalagi jika mereka adalah makeup kesayangan kamu yang begitu kamu favoritkan.

Lipstick

Lipstick adalah salah satu produk makeup yang tentunya semua orang punya. Bahkan untuk kamu yang tidak terlalu into makeup seperti kebanyakan pecinta makeup yang fanatik. Setidaknya, di kamar atau di depan cermin, kamu punya lipstick yang selalu kamu kenakan untuk memberikan sentuhan yang lebih hidup pada wajah kamu. Ya, lipstick adalah salah satu strategi yang baik untuk memberikan tampilan yang lebih segar ketika wajah terlihat kusam.

Itulah mengapa, hampir setiap wanita pasti punya makeup dekorasi semacam ini. Bahkan mungkin banyak diantaranya yang punya berbagai warna dari brand berbeda untuk lipstick mereka. Nah, ketika kamu punya banyak produk lipstick maka rasanya sayang bila hanya membiarkan lipstick-lipstick cantik tersebut bercecer di kamar kamu tanpa kamu tata penyimpanannya dengan baik.

Selain itu, membiarkan produk makeup kamu berceceran dimana saja maka tentu hal ini akan membuat kamu kebingungan mencarinya pada saat kamu hendak menggunakannya. Belum lagi, makeup yang tidak disimpan di tempat yang aman bisa mungkin membuat makeup mudah rusak dan pecah. Akibatnya, hal ini bisa mungkin membuat kamu tidak akan dapat kembali menggunakan mereka.

Nah, oleh karenanya penting sekali memperhatikan cara menyimpan lipstick yang baik. Kamu bisa membeli wadah makeup dengan sekat-sekat yang khusus yang memang sudah dirancang untuk menepatkan lipstick dengan merata. Dengan begini maka setiap kamu hendak menggunakannya kamu akan dengan mudah menemukannya.

Cat Kuku

Selain makeup dekorasi untuk wajah, cat kuku menjadi salah satu produk kecantikan yang digemari untuk dijadikan barang koleksi. Memiliki banyak varian warna cat kuku yang cantik dan berbeda-beda akan tentu memberikan kesenangan tersendiri untuk kaum wanita. Betapa tidak, ketika koleksi cat kuku mereka lengkap maka mereka akan seperti memiliki kepuasan tersendiri tentang hal yang satu ini.

Apalagi mengisi waktu luang dengan mempercantik jari tangan dan kaki menggunakan cat kuku kesayangan akan tentu menjadi kegiatan yang jauh lebih menyenangkan untuk sebagian orang dibandingkan dengan hanya terdiam dan tidak punya kegiatan apa-apa. Tak heran bila ketika punya uang maka sebagian wanita tidak akan segan untuk membelanjakan sejumlah uangnya untuk membeli cat kuku.

Nah, ketika kamu seringkali membeli cat kuku tentunya saat ini ada banyak koleksi cat kuku yang kamu miliki di rumah. Daripada sayang berserakan dimana saja, maka tidak ada salahnya bila kamu segera memperhatikan cara penyimpanan cat kuku dengan baik. Apalagi cat kuku tidak bisa ditempatkan di suhu yang tinggi sebab mungkin hal ini akan membuat cat kuku mudah kering.

Sebaliknya, menempatkan cat kuku dalam suhu yang terlalu rendah pun akan membuat cat kuku menjadi beku. Cara ampuh menyimpan cat kuku, salah satunya penting sekali memperhatikan cara penyimpanan cat kuku dengan baik dan benar. Adapun cara penyimpanan yang baik yang dapat kamu contek adalah dengan menempatkan cat kuku pada wadah perhiasan yang transparan.

Lalu tempatkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari dengan langsung. Penggunaan wadah transparan pada box cat kuku akan memudahkan kamu untuk memamerkan warna-warna cantik yang kamu sukai dari produk cat kuku tersebut. Maka dari itu, pertimbangkan dengan baik untuk menempatkan produk cat kuku dalam wadah yang transparan.

Parfum

Parfum adalah salah satu produk kecantikan yang tentunya semua orang punya. Bukan hanya untuk orang dewasa dan anak-anak. Bahkan laki-laki dan perempuan saja pasti punya parfum yang seringkali mereka gunakan. Penggunaan parfum adalah pewangi yang baik untuk menjaga tubuh kita agar terhindar dari aroma-aroma yang tidak sedap akibat keringat yang diproduksi oleh tubuh kita.

Selain itu, penggunaan parfum menjadi signature dan ciri khas pada setiap orang. Biasanya seseorang cenderung menggunakan parfum yang khas meski mereka punya banyak varian dengan wangi yang berbeda di rumahnya. Penggunaan parfum yang khas akan membuat orang mudah mengingat dan mengenali kita hanya dari wewangian yang kita miliki.

Nah, berbicara mengenai parfum peralatan kecantikan yang satu ini perlu ditempatkan pada tempat yang aman dan tidak bisa disimpan di tempat yang sembarangan. Karena bisa mungkin parfum akan mudah tumpah akibatnya wangi dari parfum akan bercecer kemana saja dan membuat kamu mungkin kesulitan untuk bisa membersihkannya.

Adapun cara yang baik untuk menyimpan parfum adalah dengan mengatur botol-botol parfum dengan rapi dan tempatkan pada wadah dengan bagian pinggir kanan kiri yang lebih tinggi. Sehingga botol parfum akan dapat ditahan dengan baik.

Selain itu, hindarkan menyimpan botol parfum pada bagian yang terlalu ujung atau terlalu tinggi sebab hal ini akan mungkin membuat parfum mudah tumpah dan botol bisa mungkin pecah. Kamu bisa menempatkannya didepan rak cermin dan pastikan tetap aman.

Foundation dan Makeup yang Cair

Makeup base seperti foundation biasanya datang dalam bentuk yang cair dan kental. Beberapa makeup yang hadir dalam kemasan atau tekstur yang sama diantaranya adalah concealer cair, cream contour dan masih banyak lagi. Penggunaan makeup semacam ini adalah makeup yang penting untuk digunakan dalam berias. Penggunaan foundation adalah makeup base yang biasanya digunakan sebagai dasar ketika berias.

Sementara concealer dan cream contour biasanya digunakan untuk membangun garis-garis pada wajah sehingga terlihat lebih tegas. Nah, ketika mengkoleksi makeup semacam ini di rumah maka sudah seharusnya penyimpanan pada makeup sejenis ini perlu diperhatikan dengan baik. Tidak cukup hanya dengan memastikan penutup kemasan makeup tertutup dengan rapat saat.

Akan tetapi, kamu pun perlu memastikan bahwa kamu menyimpannya dengan baik. Karena teksturnya yang cair maka mungkin ketika kamu membiarkan makeup ini berceceran maka bakteri akan lebih mudah masuk dan bercampur dengan aneka jenis makeup ini. Maka dari itu, penting sekali untuk memperhatikan dengan baik agar kamu menyimpan peralatan makeup ini dengan baik.

Buatlah laci yang aman dengan sekat yang memadai. Didalamnya kamu pun bisa menempatkan kembali makeup container dengan rapi lalu pastikan jika kamu menutupi kemasan makeup dengan rapat. Bila ada bagian makeup yang bercecer keluar maka kamu perlu membersihkannya terlebih dahulu dan lap dengan tissue basah.

Setelah itu, tempatkan makeup dengan posisi berdiri atau diletakkan dengan posisi terbaring. Karena biasanya ada beberapa jenis makeup dengan kemasan pembuka yang ada dibagian bawah. Sehingga ketika kamu menempatkannya dengan posisi berdiri maka ketika kamu tidak menutupnya dengan rapat bisa mungkin cairan makeup tersebut keluar dan tumpah.

Bedak

Selain foundation dan produk makeup cair lainnya, makeup yang paling sering digunakan adalah bedak. Penggunaan bedak adalah salah satu jenis makeup yang umumnya semua wanita punya. Penggunaan bedak difungsikan untuk menutupi bagian pori wajah yang tidak rata. Atau bisa pula untuk memberikan efek wajah yang lebih lembut dan terhindar dari minyak yang berlebihan.

Penggunaan produk yang satu ini biasanya menjadi salah satu produk makeup yang tentu semua wanita punya. Bahkan bagi para pecinta makeup yang fanatik biasanya mereka punya lebih dari dua jenis bedak yang mana tentunya penyimpanan makeup bedak tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Apalagi jenis bedak yang berbeda seperti loose powder dengan compact powder tentunya kedua jenis bedak ini perlu ditata dengan baik.

Agar bedak yang digunakan tidak berantakan yang mana bisa mungkin berpotensi merusak bedak dan membuatnya hancur. Maka dari itu, penting sekali memperhatikan cara menyimpan bedak yang baik dan benar agar tetap terlihat rapi. Kamu bisa menempatkan bedak pada sebuah kontainer atau sebuah laci. Pastikan pula membuat sekat untuk memisahkan antara jenis bedak yang satu dengan yang lainnya.

Pisahkan antara bedak tabur (loose powder) dengan bedak padat(compact powder) karena biasanya kedua jenis bedak ini tidak bisa dicampurkan dan disatukan secara bersamaan. Ketika kamu tidak memperhatikan cara penyimpanan bedak padat dengan baik maka bisa mungkin bedak menjadi hancur dan pecah akibatnya kamu akan lebih sulit memperbaikinya.

Sementara itu, bila kamu tidak memperhatikan cara menyimpan bedak tabur dengan baik maka bisa mungkin hal ini membuat bedak mudah tumpah. Untuknya, pisahkan dan organize dengan baik agar demikian ketika kamu membutuhkan peralatan ini maka kamu bisa langsung menemukannya dan menggunakannya.

Pensil Alis dan Eyeliner

Pensil alis dan eyeliner biasanya adalah produk makeup yang dibuat dengan bentuk yang sama yakni sama-sama bentuk tabung yang panjang seperti pensil. Nah, untuk kamu yang belum tahu bagaimana menyimpan peralatan makeup ini dengan baik dan benar maka kamu bisa menggunakan topless atau jar dengan ukuran yang cukup. Kemudian bagian bawahnya kamu alasi dengan menggunakan beras atau dengan sesuatu yang bisa menahan agar produk makeup ini tetap berdiri.

Tempatkan pensil alis dan eyeliner dengan bagian ujung aplikator menghadap ke atas. Hal ini akan dapat menghindari agar eyeliner atau pensil alis tidak berantakan atau bersatu warnanya dengan yang lain. Setelah itu, baru kamu bisa menempatkan peralatan ini di tempat yang mudah kamu jangkau.

Nah, itulah dia beberapa informasi tentang cara penyimpanan makeup agar tetap rapi dan terjaga kebersihannya dengan baik. Semoga bermanfaat!

 

 
Loading...

Loading...