Beberapa masalah yang biasanya muncul di sekitar mata yaitu garis halus, lingkar hitam atau mata panda dan kantong mata. Kulit area mata juga perlu dirawat agar tetap sehat dan terhindar dari penuaan dini serta masalah yang lainnya. Yuk simak tips merawat kulit di sekitar mata berikut ini.

Tips-merawat-kulit-di-sekitar-mata.jpg

Baca Juga:

Tips Merawat Kulit di Sekitar Mata Untuk Mencegah Penuaan Dini

Munculnya tanda-tanda penuaan dini pada sekitar mata akan mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu, yuk rawat dengan beberapa tips berikut ini.

Menjaga Kelembaban

Tips pertama merawat kulit sekitar mata agar terhindar dari masalah penuaan dini yaitu dengan menjaga kelembabannya. Menjaga kelembaban kulit di sekitar mata akan membantu mencegah kerutan, serta garis halus. Gunakan pelembab wajah yang ringan untuk di area mata.

Jika anda merasakan sensasi tidak nyaman, seperti sensasi menyengat atau menyebabkan mata merah dan berair sebaiknya anda menghentikan pemakaian. Anda bisa menggantinya dengan krim khusus untuk mata. Anda bisa memilih pelembab atau krim mata dengan kandungan bahan yang dapat meningkatkan sirkulasi, serta pertumbuhan sel baru.

Menepuk dengan Lembut

Ketika anda menyentuh kulit di area mata, usahakan dilakukan dengan lembut. Sebab kulit di bawah mata tipis dan dapat dengan mudah berkerut jika mendapatkan tekanan berlebihan. Ketika anda menggunakan produk ka daerah mata, anda harus mengoleskan dengan jari manis ataupun kelingking. Jari manis dan kelingking tidak memiliki tenaga yang kuat seperti telunjuk atau jempol. Oleskan produk dengan perlahan sampai menyerap ke kulit.

Lindungi Menggunakan Tabir Surya

Selain kulit tubuh dan wajah yang menggunakan tabir surya, namun area bawah mata juga butuh  tabir surya. Karena paparan sinar matahari yang berlebih akan menyebabkan kulit di bawah mata lebih gelap. Merawat kulit di sekitar mata menggunakan tabir surya harus dilakukan. Sebelum keluar rumah, anda bisa mengoleskan tabir surya pada kelopak mata bagian atas dan pada area bawah mata. Selain itu, anda bisa menambahkan perlindungan dengan memakai kacamata hitam.

Kompres Menggunakan Kantong Teh

Kantong teh bekas bisa merawat kulit sekitar mata. Pada teh terkandung antioksidan dan kafein yang dapat merangsang sirkulasi darah, mengurangi tumpukan cairan dan mengecilkan pembuluh darah.

Anda bisa memanfaatkan kantung teh bekas dengan cara merendam kantong teh bekas sebanyak 2 buah dalam air panas 5 menit. Lalu masukan ke dalam kulkas dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Kemudian letakan kantong teh pada mata selama 10 sampai 20 menit.

Pijat Area Bawah Mata

Memijat sekitar mata dengan perlahan akan membuat sirkulasi tetap lancar. Anda bisa melakukan hal ini saat memakai krim mata ataupun saat mencuci wajah ketika mandi. Pijatan akan membuat kelebihan cairan berkurang yang menjadi salah satu penyebab mata bengkak. Saat penumpukan cairan hilang, mata anda akan kembali segar.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup akan mencegah munculnya garis hitam di area mata. Waktu istirahat yang kurang akan menyebabkan kulit lebih pucat, serta garis hitam akan menjadi semakin terlihat. Oleh karena, anda harus memenuhi waktu istirahat selama 7 hingga 8 jam dalam setiap harinya.

Konsumsi Makanan Sehat

Menjaga kesehatan kulit di bawah mata bisa dilakukan dari dalam yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin A, vitamin C, serta vitamin E. Nutrisi ini akan menjaga kulit supaya tetap sehat dengan cara membentuk sel baru pada kulit.

Itulah beberapa tips merawat kulit sekitar mata untuk mencegah penuaan dini. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...