Tips Merawat Kulit Sesuai JenisnyaSebagian dari wanita baru menyadari arti pentingnya kecantikan kulit setelah ia terkena masalah kulit seperti jerawat, keriput, noda hitam, kulit berminyak, kulit kering dan lain-lain. Bahkan setelah timbulnya masalah tersebut juga baru menyadarkan orang untuk mencari perawatan yang cocok untuk kulitnya. Sebenarnya wajar menyadari arti pentingnya kulit setelah munculya masalah, namun alangkah baiknya jika melakukan  perawatan kulit sedini mungkin mengingat bahwa kulit merupakan bagian terluar dan paling penting bagi tubuh untuk melindungi organ tubuh di dalamnya ataupun untuk menunjang penampilan.

Dalam memberikan perawatan yang terbaik bagi kulit sebelumnya anda harus memiliki pengetahuan dasar mengenai berbagai jenis kulit, sehingga anda akan mengetahui perawatan mana yang cocok untuk jenis kulit anda. Secara umum kulit hanya terbagi menjadi 3 jenis yaitu, kulit kering, kulit berminyak dan kulit normal. Namun, berdasarkan penelitian membuktikan bahwa selain ketiga jenis kulit tersebut ada jenis kulit kombinasi yang merupakan gabungan dari ketiga jenis kulit tersebut, serta kulit yang sangat peka atau kulit sensitif. Nah, berikut merupakan beberapa ulasan mengenai jenis kulit dan bagaimana cara untuk merawatnya.

Baca Juga:

1.Kulit normal

Kulit normal sangat jarang terjadi masalah yang serius, untuk itu jenis kulit ini tidak memerlukan banyak perawatan. Kulit jenis ini memiliki ciri-ciri tidak berminyak namun juga tidak kering. Apabila dipegang kulit jenis ini akan terasa lembut dan sangat halus.

Kulit normal biasanya cocok dengan semua produk kecantikan apapun. Namun meski begitu, hindarilah kebiasaan untuk berganti-ganti kosmetik, karena hal itu bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Gunakanlah masker secara rutin. Anda bisa membelinya di pasaran atau bisa membuatnya sendiri. Misalnya masker buah-buahan seperti alpukat, tomat, dan mentimun. Meskipun kulit normal jarang terkena masalah, namun demi menjaga kesehatannya anda harus tetap mencuci wajah secara rutin.

2.Kulit berminyak

Kulit berminyak merupakan jenis kulit yang memerlukan perawatan yang lebih. Kulit jenis ini akan mengeluarkan banyak minyak sehingga rentan terjadi masalah seprti, jerawat atau  noda.

Untuk anda yang memiliki kulit berminyak, maka dalam setiap memilih produk kecantikan pilihlah produk yang bersifat oil free serta berbahan dasar air. Hal ini bertujuan agar tidak akan meningkatkan kadar minyak pada wajah anda. Untuk kulit berminyak sangat dianjurkan untuk menggunakan masker, terutama masker yang dibuat dari bahan alami seperti, buah, teh hijau dan madu.

Mencuci muka pun harus menjadi kegiatan yang wajib untuk orang yang memiliki kulit jenis ini, terutama jika anda telah menggunakan make up. Hal ini dilakukan untuk menghindari kotoran atau sisa make up yang masih menempel dan menyumbat pori-pori. Apabila pori-pori  
tersumbat maka minyak tidak dapat keluar dan kemungkinan besar akan menjadi jerawat. Orang yang memiliki kulit jenis ini juga dianjurkan untuk mengurangi makanan berminyak seperti gorengan.

3.Kulit Kering

Kulit kering merupakan kebalikan dari kulit berminyak. Pada kulit kering minyak yang dihasilkan sangat sedikit. Ciri-ciri kulit kering ini yaitu timbulnya sisik pada kulit.

Menggunakan pelembab wajah merupakan hal wajib untuk perawatan kulit jenis ini. Gunakanlah pelembab wajah sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Aplikasikan pelembab wajah ini 4-5 menit setelah wajah dibersihkan. Dalam memilih pembersih maka pilihlah pembersih tanpa kandungan deterjen/sabun dan scrub, karena hal ini untuk menghindari kondisi kulit menjadi lebih kering.

Apabila ingin menggunakan masker, pakailah masker yang mampu menjaga kelembaban kulit seperti masker yang mengandung vitamin E atau olive oil. Dalam menjaga kelembaban kulit pun anda bisa melakukannya dengaan meminum air putih minimal 8 gelas perharinya.

4.Kulit sensitif

Kulit sensitif merupakan kulit yang pailng susah untuk diberi perawatan. Biasanya kulit sensitif akan menolak produk kecantikan atau bahan apapun. Kulit jenis ini  akan mudah sekali teriritasi sehingga dalam melakukan perawatan harus hati-hati.

Untuk anda yang memiliki jenis kulit yang sensitif, hal pertama yang harus diingat yaitu janganlah  menggonta-ganti produk kecantikan. Dalam memilih produk, hindarilah produk yang mengandung pewangi. Pastikan anda langsung mencuci wajah apabila telah memakai make up.

Untuk jenis kulit sensitif, lebih dianjurkan untuk melakukan perawatan menggunakan cara yang alami, seperti halnya penggunaan masker yang berbahan dasar buah. Ketika mencuci muka gunakanlah air dingin dan jangan gunakan air hangat, hal ini untuk menghindari resiko terjadinya iritasi.

5.Kulit kombinasi

Seperti yang telah dielaskan bahwa kulit kombinasi merupakan gabungan dari beberapa jenis kulit. Untuk itu dalam merawat kulit jenis ini anda harus menyesuaikan dengan masing-masing jenis kulit yang telah dijelaskan di atas.

Itulah tips merawat kulit sesuai jenis kulit. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...