Tips Merawat Rambut Bagi PerenangBerenang memanglah sangat menyenangkan serta di gemari oleh semua orang. Selain banyak di senangi berenang juga banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita seperti membuat tubuh menjadi segar, membakar lemak dalam tubuh serta dapat menambah tinggi badan. Tetapi selain memberikan manfaat berenang juga dapat memberikan efek buruk bagi kulit seperti yang telah di jelaskan pada artikel sebelumnya. Selain kulit rambut juga merupakan bagian tubuh lainnya yang akan terkena efek buruk setelah berenang.

Kebanyakan orang terutama wanita sering mengeluh ketika usai berenang bahwa rambutnya menjadi kusam, kering dan lengket sehingga rambut tidak terlihat sehat. Hal tersebut disebabkan karena pada kolam renang terdapat kandungan klorin. Klorin atau kaporit merupakan zat kimia sebagai disinfeksi atau bahan pembasmi kuman dan bakteri di kolam renang. Klorin atau kaporit tersebut dapat mengurangi kadar minyak alami pada kulit rambut anda sehingga akan menyebabkan kerusakan pada kutikula rambut. Nah, untuk anda  yang senang berenang tentu saja setelah selesai berenang rambut anda akan menjadi lengket, kering dan kusam. Oleh sebab itu  anda perlu perawatan agar rambut anda tidak mengalami permasalahan seperti yang telah disebutkan tadi. Untuk itu jika anda ingin tahu bagaimana cara merawat rambut bagi yang senang berenang  mari kita simak pembahasan di bawah ini.

Baca Juga:

1.Basahi rambut sebelum berenang

Sebelum berenang sebaiknya anda basahi terlebih dahulu rambut anda menggunakan air secara menyeluruh, agar rambut menyerap air tersebut dan tidak terlalu banyak menyerap air yang mengandung klorin di kolam renang.

2.Gunakan kondisioner sebelum berenang

Selain menggunakan air, anda juga bisa menggunakan kondisioner atau minyak zaitun sebelum berenang. Usapkan kondisioner atau minyak zaitun tersebut ke seluruh rambut anda. Bahan-bahan yang terkandung pada kondisioner tersebut akan menolak air serta megunci kutikula rambut anda, sehingga dapat bertindak sebagai penghalang antara air berklorin dengan rambut.

3.Topi renang

Setelah menggunakan kondisioner sebaiknya anda menggunakan topi saat berenang. Karena dengan menggunakan topi merupakan salah satu cara untuk mengurangi resiko rambut lengket, kusam serta kering akibat dari klorin.

4.Bilas rambut

Sesudah berenang sebaiknya anda membilas rambut anda terlebih dahulu dengan air. Setelah itu gunakan sampo yang ringan namun efektif untuk menyingkirkan klorin pada rambut anda. Jika anda tidak ingin menggunakan sompo anda bisa menggantinya dengan baking soda. Caranya anda tinggal menambahkan baking soda ke dalam sebotol air lalu gunakan sebagai sampo.

5.Gunakan kondisioner setelah keramas

Setelah keramas sebaiknya anda gunakan kondisioner, hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan kelembaban rambut anda. Dengan kondisioner ini juga rambut akan kembali lembut seperti biasanya. Setelah memberikan kondisioner sisir rambut anda menggunakan jari atau sisir yang bergigi jarang

6.Hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer

Setelah berenang sebaiknya anda jangan mengeringkan rambut menggunakan hair dryer. Hal ini untuk menghindari rambut anda dari kekeringan berlebih. Dalam mengeringkan rambut sebaiknya anda menggunakan handuk dengan cara di tekan perlahan, atau biarkan kering secara alami.

Nah, itulah cara perawatan rambut untuk anda yang senag berenang. Dengan adanya cara merawat rambut tersebut maka rambut anda akan terhindar dai masalah rambut setelah berenang. Serta dengan adanya tips di atas diharapkan anda tidak khawatir lagi untuk melakukan olahraga yang satu ini, karena segala sesuatu dan permasalahan pasti ada jalan keluarnya.

Loading...

Loading...