Selain wajah dan rambut, kesehatan kulit pun wajib untuk dijaga dengan baik, terutama bagian tersembunyi seperti ketiak. Sebab pada gilirannya, anda tentu ingin tampil lebih percaya diri dengan baju terbuka tanpa khawatir bagian ketiak anda akan mengurangi kecantikan tampilan anda.

Ya, tidak sedikit wanita yang merasa enggan menggunakan pakaian berlengan minim karena kondisi ketiaknya yang dianggap kurang menarik. Mulai dari kulit ketiak yang hitam, rambut ketiak yang lebat sampai dengan produksi keringat pada bagian tersebut yang dianggap berlebihan dan bisa mempengaruhi rasa percaya diri.

Baca Juga:

Nah, daripada anda terus bersembunyi dan menghindari pakaian cantik berlengan terbuka karena masalah ketika maka tidak ada salahnya atasi permasalahan pada ketiak dan ketahui tips perawatan ketiak yang baik. Penasaran seperti apa saja? Mari simak informasinya di bawah ini.

tips-perawatan-ketiak.jpg

Perawatan Ketiak Agar Tidak Berbulu

Bagi sebagian orang, memiliki bulu pada ketiak mungkin bukanlah perkara yang besar. Namun ada pula yang merasa bahwa kehadiran bulu-bulu pada bagian ketiak akan dapat mempengaruhi rasa percaya diri.

Kebanyakan orang menganggap bahwa adanya bulu ketiak akan membuat mereka merasa tidak nyaman dan sebagian lagi beranggapan bahwa bulu ketiak adalah penyebab timbulnya bau tidak sedap pada  bagian tersebut. Sehingga hal inilah yang menjadi alasan mengapa bulu padan ketiak merasa perlu sekali untuk dibasmi. Nah, untuk mengetahui perawatan bulu ketiak dengan baik maka di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Bersihkan Terlebih Dahulu

Bagi anda yang hendak membersihkan bulu ketiak dengan merata maka pastikan sebelumnya anda membersihkan bagian tersebut dengan merata. Oleskan sabun dan bilas dengan menggunakan air bersih. Untuk menghindari infeksi atau luka sebaiknya lakukan pembersihan bulu ketiak dengan perlahan dan hati-hati.

Pangkas Atau Cabut

Ada dua metode yang bisa dilakukan untuk membersihkan bulu ketiak yakni dengan menggunakan pinset dan mencabutinya. Atau anda bisa memangkas bulu ketiak dengan menggunakan alat cukur. Hanya saja metode pangkas bulu seperti ini mungkin membuat bulu ketiak tumbuh lebih cepat karena anda tidak membersihkannya sampai ke akar-akarnya.

Namun kabar baiknya memangkas bulu ketiak mungkin menjadi metode yang paling cepat terutama bila anda dalam kondisi terdesak untuk membersihkan bulu ketiak dalam waktu yang singkat. Setelahnya pastikan anda membersihkan bagian tersebut dengan merata dan hati-hati sampai bersih.

Bersihkan dengan Bedak Tabur

Setelah selesai membersihkan bulu ketiak maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan sisa bulu-bulu tersebut dengan menggunakan bedak tabur. Cara ini akan lebih baik dan efektif untuk membersihkan rambut-rambut yang sudah berjatuhan.

Sapu halus dengan kuas dan pastikan anda membersihkannya dengan merata. Penggunaan bedak akan membantu anda melihat jika masih ada rambut ketiak yang tersisa dengan begitu maka anda bisa segera membersihkannya sampai memastikan bagian tersebut benar-benar bersih.

Perawatan Ketiak Agar Tidak Bau

Tantangan lain dari merawat ketiak yang seringkali muncul adalah aroma bau tidak sedap yang ditimbulkannya. Bagi sebagian orang, aktivitas yang banyak dan padat mungkin menjadi mimpi buruk sebab hal ini akan dapat membuat ketiak semakin mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Namun demikian, tidak sedikit orang yang baik-baik saja dan tidak bermasalah  dengan ketiaknya.

Apabila anda sedang bermasalah dengan ketiak yang mengeluarkan aroma tidak sedap maka tentu anda perlu segera mengatasinya karena tentu hal ini akan mempengaruhi rasa percaya diri anda. Di bawah ini adalah tips perawatan ketiak agar tidak bau.

Gunakan Deodoran

Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan menghindari timbulnya aroma tidak sedap pada saat bagian ketiak berkeringat adalah dengan mengaplikasikan deodorant. Produk ini dianggap handal untuk mencegah produksi keringat berlebih pada organ ketiak dan mencegah timbulnya aroma tidak sedap. Anda bisa mengaplikasikan deodorant setelah anda mandi dan sebelum beraktivitas yang berat.

Gunakan produk yang aman dan sesuai dengan jenis kulit anda. Sebab beberapa produk deodorant mungkin tidak cocok dengan sembarangan jenis kulit. Bila hal ini terjadi maka dikhawatirkan memicu lebih banyak masalah pada bagian ketiak anda.

Keringkan Ketiak yang Basah

Produksi keringat yang berlebih pada bagian ketiak memang bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya aroma tidak sedap. Untuknya segera keringkan ketiak anda dengan menggunakan tissue kering alih-alih dengan tissue basah. Hal ini dikarenakan tisu basah dengan kandungan parfume bisa mungkin malah memicu aroma yang semakin tak karuan. Alhasil bukan mengatasi masalah, anda malah terjebak dengan kondisi yang semakin membuat anda tidak percaya diri.

Tisu kering untuk mengelap keringat akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan tisu lainnya. Perhatikan pula untuk mengganti tisu pada satu ketiak ke ketiak yang lain. Agar demikian, keringat yang ada di dalamnya benar-benar kering dengan merata.

Rajin Berganti Pakaian

Jangan malas untuk mengganti pakaian anda dengan yang baru  pada saat ketiak anda berkeringat. Karena tumpukan bakteri pada pakaian bekas akan dapat membuat aroma yang timbul menjadi lebih parah. Jangan sungkan untuk membawa baju ganti pada saat anda akan melakukan aktivitas yang berat seperti olahraga atau aktivitas luar ruangan.

Perawatan Ketiak Agar Tidak Menghitam

Selain aroma, ketiak dengan warna yang gelap pun tentu menjadi masalah yang akan mengundang rasa tidak percaya diri hadir. Nah, oleh karenanya penting sekali memperhatikan dan mengatasi dengan segera permasalahan yang satu ini.

Gunakan Deodoran yang Tepat

Penggunaan deodorant yang tepat adalah kunci dari menghindari kulit atau permukaan ketiak yang menghitam. Beberapa formula pada produk deodorant yang kurang tepat bisa mungkin membuatnya kulit menjadi gelap dan sulit untuk dihindari. Oleh karenanya, bila perlu lakukan konsultasi dengan dokter dan cari tahu jenis kulit ketiak anda. Bila kulit ketiak anda sensitive maka mungkin anda perlu menggunakan produk yang aman untuk jenis kulit anda.

Rajin Membersihkan Diri

Mandi 2 kali sehari adalah hal penting yang perlu anda jaga untuk menjaga tubuh tetap bersih. Ketiak yang menghitam salah satunya bisa terjadi sebab kotoran yang menumpuk pada sela-sela lipatan kulit ketiak yang tidak dibersihkan dengan baik. Anda perlu menggosok bagian ini sampai bersih dengan merata agar kotoran tersebut bisa luntur.

Eksfoliasi

Selain beberapa cara diatas, eksfoliasi menjadi metode penting yang perlu dilakukan untuk membersihkan ketiak yang hitam. Bisa jadi pigmen hitam pada kulit ketiak muncul sebab tumpukan sel kulit mati yang mengering. Nah, untuknya anda perlu melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub yang aman dari bahan alami. Seperti scrub gula putih dengan lemon, scrub oatmeal dan madu dan lain sebagainya.

Loading...

Loading...