Ada beberapa jenis kulit, salah satunya kulit berminyak. Kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum yang berlebihan pada kelenjar sebaceous yang penyebabkan bisa karena faktor genetik, perubahan pada hormon, konsumsi makanan atau stress.

Jika tidak dirawat dengan baik dan benar, kulit berminyak akan sangat rentan mengalami masalah kulit. Ada beberapa tips mudah dan sederhana yang bisa anda ikuti agar terhindar dari produksi minyak yang berlebih sehingga kulit akan tetap sehat dan cantik. Berikut ini tips perawatan kulit berminyak yang bisa anda ikuti.

Baca Juga:

Perawatan-Kulit-Berminyak.jpg

Tips Perawatan Kulit Berminyak Agar Tetap Cantik dan Sehat

Tak perlu perawatan yang rumit dan mahal, dengan perawatan sederhana dan praktis ini kulit anda akan tetap sehat dan cantik.

Rawat Kulit yang Diformulasikan Untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak memang rentan dengan masalah kulit jerawat. Namun, tidak selamanya kulit berminyak rentan mengalami jerawat. Jerawat yang terbentuk umumnya disebabkan karena minyak yang keluar dari suatu jaringan yang disebut dengan sebaceous yang tersumbat karena sel-sel kulit mati yang menumpuk. Ketika terdapat minyak yang tersumbat di bagian dalam, maka kulit akan sangat mudah mengalami inflamasi dan bakteri akan berkembang sehingga pada akhirnya munculnya jerawat.

Untuk mengatasi keadaan tersebut anda bisa menggunakan rutinitas perawatan kulit yang memang diformulasikan untuk kulit yang berminyak.

Perhatikan Saat Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah tidak sekedar membersihkan wajah. Anda harus membersihkan wajah dengan cara atau teknik yang baik dan benar. Saat membersihkan wajah satu hal yang harus anda ingat yaitu jangan melakukan over washing karena akan menyebabkan iritasi pada kulit dan memicu produksi minyak yang berlebihan.

Anda juga harus memperhatikan pembersih wajah yang digunakan. Sebaiknya gunakan pembersih wajah yang ringan dan tidak menyebabkan kulit kering agar kulit tetap lembab dan sehat.

Jenis Suncreen

Saat memilih suncreen sebaiknya pilihlah suncreen yang oil free dan non comedogenic. Hal itu akan memastikan produk tersebut tidak akan menyebabkan wajah semakin berkilau. Pilihlah suncreen yang ringan dan bisa dengan mudah terserap dalam kulit.

Exfoliate

Exfoliating sangat penting dilakukan untuk anda yang memiliki kulit wajah berminyak karena dapat tetap menjaga agar pori-pori wajah tetap bersih dan tidak mengalami sumbatan oleh kotoran, sel kulit  mati, minyak ataupun bakteri yang dapat menyebabkan masalah pada kulit.

Jika pori-pori kulit anda bersih, maka produk perawatan kulit yang digunakan dapat terserap dengan maksimal. Exfoliating hanya bisa dilakukan sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu karena jika dilakukan terlalu sering  akan menyebabkan iritasi pada kulit.

Perhatikan Pemilihan Pelembab

Untuk anda pemilik kulit berminyak dan menghindari menggunakan pelembab yang  berat, maka cobalah untuk menggunakan pelembab gel yang ringan di kulit. Pelembab gel memiliki kandungan air yang lebih tinggi untuk bisa menghindari kulit berminyak dengan instan.

Sebelum mengaplikasikan pelembab sangat disarankan untuk menggunakan toner yang bisa mengontrol minyak yang berlebih serta mengurangi kilauan pada wajah.

Make-up

Mineral make-up cocok untuk  pemilik kulit berminyak sebab kemungkinan iritasi sangat kecil. Tak hanya itu, mineral make up juga tidak akan menyebabkan komedo. Pilihlah foundation cair serta bedak tabur untuk riasan wajah. Dalam memilih bedak sebaiknya hindari bedak two-way cake karena bisa menyumbat pori-pori dan menjadikan kulit semakin berminyak. Blush on bubuk lebih cocok  untuk kulit berminyak dibandingkan jenis krim.

Demikian beberapa tips perawatan kulit berminyak agar tetap cantik dan sehat. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...