Idul Adha atau yang kita kenal sebagai Idul Qurban adalah momentum langka yang hanya terjadi satu tahun sekali. Selain dimanfaatkan sebagai waktu berqurban, sebagian orang pun banyak memanfaatkan momen Idul Adha sebagai waktu yang tepat untuk berkumpul bersama dengan sanak saudara sebagaimana yang sering dilakukan pada saat Idul Fitri.

Tak heran bila perayaan Idul Adha pun tak kalah semarak sebagaimana pada saat hari raya lebaran. Namun yang lebih identik dengan perayaan pesta Idul Adha adalah sajian yang selalu kental dengan daging. Ya, berbagi rezeki dengan mereka yang membutuhkan, suka citanya pun sama-sama kita rasakan.

Baca Juga:

Perayaan pesta yang berbau dengan daging kambing dan sapi seringkali tersaji dengan begitu semarak. Dari mulai hidangan pembuka sampai dengan hidangan penutup hampir seluruhnya berbau daging dan berlemak. Apalagi momen membuat sate seringkali menjadi waktu yang tak pernah ditinggalkan pada saat Qurban.

Meski terjadi satu tahun sekali, akan tetapi menyantap hidangan yang berbau lemak akan tentu menjadi ancaman untuk diet yang sedang dijalankan. Lantas adakah cara untuk tetap mempertahankan diet saat pesta Idul Adha? Nah, dibawah ini adalah beberapa hal yang akan dapat kita simak.

Teguhkan Niat

Sama halnya ketika berpuasa, batasan mengkonsumsi makanan pada saat diet memang seringkali menjadi tantangan yang cukup berat. Namun kembali lagi, ketika seseorang mampu menahan dan meneguhkan niatnya maka tantangan sebesar apapun akan dapat mereka lalui dengan baik. Apalagi, hidangan daging yang dibuat pada saat momen Idul Qurban seringkali terlihat begitu menggoda.

Aroma yang begitu sedap dan tampilan dari sajian gulai dan sate kambing dan sapi yang terkadang sulit untuk ditolak. Namun demikian, bila kamu tidak bisa meneguhkan niat kamu untuk tetap konsisten dengan diet yang sedang kamu jalani maka jangankan godaan daging. Hidangan makanan yang biasa saja akan mudah menghancurkan diet yang kamu jalani.

Sementara itu, ketika kamu bermimpi untuk punya tubuh yang indah dengan berat badan yang ideal. Maka tentu saja semua ini tidak akan bisa diraih dengan cuma-cuma. Ada hal yang perlu dikorbankan ketika kamu ingin menggapai impian kamu sendiri. Dan diet adalah salah satu cara untuk kamu bisa mendapatkan ukuran berat badan yang kamu impikan.

Maka teguhkan niat kamu dengan baik dan kontrol hasrat mengkonsumsi banyak makanan berlemak yang saat ini adalah dalam pikiran kamu. Namun demikian, bukan berarti kamu tidak boleh menyantap atau mencicipi. Selama porsinya cukup dan tidak berlebihan maka sah-sah saja.

Tetap Sediakan Makanan Kamu Sendiri

Selama diet seseorang biasanya begitu mengontrol makanan dan porsinya dengan baik. Jenis makanan yang dikonsumsi oleh para pelaku diet adalah makanan sehat berupa sayur dan buah. Nah, guna menghindari agar kamu tidak terlalu tergoda dengan aneka hidangan daging pada saat Idul Adha maka sebaiknya jangan lewatkan untuk tetap membuat makanan kamu sendiri.

Jangan karena berpikir kamu sedang ada di rumah orangtuamu lantas kamu malas untuk menghidangkan makanan sehat kamu sendiri. Hal ini malah akan membuka peluang kamu untuk menyantap makanan tidak sehat dan banyak lemak yang disajikan di rumah. Terlebih lagi, ketika telah lama kamu tidak menyantap makanan enak. Maka tentu hal ini akan cenderung membuat kamu tidak bisa mengontrol diri kamu sendiri.

Jadi demikian, luangkan waktu dan tetap sisakan beberapa saat untuk membuat makanan kamu sendiri. Jangan andalkan orang lain untuk mengolah makanan kamu  karena belum tentu mereka paham kandungan dan nutrisi yang kamu perlukan dalam makanan diet sehat kamu. Alih-alih berhasil kesalahan membuat makanan sehat untuk diet kamu, bisa mungkin dijadikan alasan untuk menyantap aneka makanan lain yang kamu inginkan.

Selektif Memilih Makanan

Diet yang dijalani pada dasarnya bukan berarti tidak makan sama sekali. Namun lebih kepada mengurangi jumlah atua porsi makanan yang biasa kamu konsumsi. Selain itu, menjadi selektif dengan aneka makanan yang ada adalah hal penting yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Apalagi makanan dari daging yang mengandung banyak lemak akan lebih mudah menjadi factor pemicu kenaikan berat badan. Hal inilah yang akan menghancurkan diet yang sudah kamu jalani selama ini.

Akan tetapi, menghindar sama sekali dari makanan yang sebelumnya menjadi favorit kamu pun bukanlah solusi yang baik. Karena pada akhirnya hal ini malah akan membuat kamu semakin menginginkan aneka jenis makanan tersebut. Jadi demikian, perhatikan dengan baik permasalahan ini kamu bukan tidak boleh menyantap makanan dari daging pada perayaan Qurban.

Hanya saja, akan lebih baik bila lebih selektif memilih daging yang akan kamu santap. Sebaiknya pilihlah jenis daging yang tidak mengandung lemak terlalu banyak karena kandungan lemak akan mudah masuk dan memicu kenaikan berat badan yang cukup besar. Perhitungkan pula berapa kandungan lemak yang sudah kamu konsumsi dari daging yang kamu asup kedalam tubuh kamu.

Perhitungan semacam ini diharapkan membuat kamu mampu mengontrol asupan makanan yang kamu konsumsi pada saat momen Qurban nanti. Ingat, seberapa kecil pun asupan lemak yang masuk kedalam tubuh mereka akan terakumulasi dan mempengaruhi berat badan kamu sendiri.

Memperbanyak Konsumsi Buah

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur adalah strategi yang ampuh pada saat pesta Idul Adha. Karbohidrat dab serat yang ada dalam buah dan sayur biasanya akan lebih lambat dicerna oleh sistem pencernaan. Akibatnya hal ini akan dapat membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Pilihlah buah dan sayur dengan kandungan yang kaya akan serat dan antioksidan. Beberapa jenis buah tersebut diantaranya adalah apel, buah jeruk dan lain sebagainya. Untuk apel sebaiknya dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Karena kandungan serat lebih banyak terkandung pada bagian kulitnya.

Selalu utamakan konsumsi makanan sehat ini sebelum anda mengkonsumsi sajian makanan lainnya. Tentunya konsumsi buah dan sayur akan jauh lebih baik meski dikonsumsi dalam jumlah yang banyak namun karena kandungannya yang tanpa lemak dan kalori berlebihan maka hal ini tidak akan memicu kenaikan berat badan sebagaimana kita mengkonsumsi daging dengan lemak yang banyak.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Untuk menjaga kalori dalam tubuh tetap terkontrol dengan baik maka hindari minuman manis dengan kandungan gula yang banyak. Sebaliknya, tetaplah konsumsi air putih dengan kandungan mineral yang baik untuk kesehatan. Kandungan gula yang ada pada minuman manis bukanlah solusi yang baik untuk menjaga diet sehat yang anda jalani.

Justru sebaliknya, hal ini malah akan memicu kenaikan berat badan secara tidak disadari. Lain halnya dengan konsumsi air putih yang tidak memiliki kandungan yang terlalu berarti untuk memicu kenaikan berat badan. Selain itu, konsumsi air putih akan membuat kamu cepat merasa kenyang. Akibatnya hal ini akan menjaga kamu menyantap makanan yang tidak sehat pada saat perayaan Idul Adha nanti.

Karena seperti yang kita ketahui bahwa godaan menyantap daging memang sulit sekali untuk ditolak. Apalagi ketika semua anggota keluarga di rumah anda ikut pula merayakan momen langka yang satu ini. Maka biasanya aroma dari daging bisa menjadi tantangan yang begitu berat. Namun ketika kamu sudah memastikan perut kamu kenyang lebih cepat maka hal ini diharapkan dengan sendirinya kamu pun menjaga asupan makanan berlebihan.

Perbanyak Aktivitas Fisik

Guna menjaga tubuh tetap langsing pada saat pesta perayaan Idul Adha maka penting sekali memperbanyak aktivitas fisik dengan baik. Hal ini akan menjadi kegiatan yang penting dilakukan agar asupan makanan yang anda konsumsi selama momen Idul Adha dapat dibakar menjadi energi alih-alih ditimbun sebagai lemak.

Pilihlah aktivitas fisik yang berfokus pada pergerakan seluruh tubuh seperti misalkan latihan kardio seperti berlari, jogging dan lain sebagainya. Hindari bermalas-malasan setelah banyak menyantap daging dan produk olahannya bila kamu ingin tetap menjaga berat badan kamu tetap diangka yang sama. Olahraga yang baik dan disarankan dilakukan minimal 30 menit dalam satu hari.

Selain itu, libatkan pula diri kamu pada beberapa aktivitas yang cukup menguras tenaga seperti memasak, mencuci piring atau mungkin ikut berkeliling membagikan daging Qurban ke tetangga. Hal ini pun bisa menjadi alternatif yang baik bila kamu tidak sempat meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik khusus.

Jangan Tambah Kalori di Hari Lain

Anggaplah momen pesta Idul Adha ini sebagai "cheating day" waktu dimana kamu bisa menyantap makanan yang biasanya tidak kamu santap ketika menjalankan diet kamu. Hanya saja, tentu porsinya perlu diperhatikan dengan karena tentu kita tidak ingin jika penurunan berat badan yang telah kita usahakan dengan keras selama ini harus sia-sia sebab kamu sendiri tidak bisa menahan diri kamu dari godaan daging dan sate serta gulai yang menggoda.

Nah, setelah momen perayaan Qurban ini selesai maka penting sekali untuk kamu membayar 'utang' kamu dengan memangkas lebih banyak asupan kalori kedalam tubuh di hari lainnya. Dalam artian lain, di hari-hari lainnya tidak ada istilah makan dengan daging atau kembali mengasup sejumlah kalori dengan jumlah yang sama kedalam tubuh kamu.

Karena bila begitu maka tentu hal ini akan semakin membuat permasalahan kenaikan berat badan akan kamu rasakan. Hindari menyantap makanan seenaknya dan kembalilah pada menu diet sehat yang kamu jalani sebelumnya. Pastikan olahraga dengan teratur agar kenaikan berat badan tidak terjadi secara signifikan.

Hindari Terlalu Sering di Rumah

Ketika perayaan pesta Idul Adha berakhir, namun tidak dengan makanan yang ada di rumah. Apalagi bila kamu sedang mengunjungi rumah orangtuamu atau memang kamu tinggal bersama dengan mereka. Karena biasanya orangtua selalu berusaha untuk senantiasa mempersiapkan aneka makanan enak kesukaan anak-anaknya. Namun hal ini adalah ancaman yang akan menambah beban berat diet yang kamu jalani.

Alih-alih bisa menahan diri dari aneka masakan mama yang ada mungkin kamu terus menerus memberikan excuse pada diri kamu sendiri. Yang mana perlahan excuse ini menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihentikan dan kenaikan berat badan akan menjadi semakin nyata. Bila begini, lantas untuk apa kamu buang-buang waktumu untuk berolahraga dan susah payah melakukan diet?

Nah, untuk menghindari masalah semacam ini daripada kamu menaruh dirimu dalam resiko yang besar maka hindari berada terlalu sering didalam rumah. Kamu bisa piknik sehat bersama dengan keluargamu mengunjungi tempat-tempat di masa kecil kamu. Atau memanjakan diri dengan mengunjungi tempat spa bersama dengan ibu atau saudaramu.

Manfaatkan pula momen ini untuk bertemu dengan kawan-kawan lama kamu. Sehingga kamu punya alasan untuk tidak berada di rumah dan menghindari mama kamu menyiapkan aneka makanan yang banyak yang mungkin akan menjadi godaan yang sulit untuk kamu hindari.

Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih pagi bisa juga menjadi strategi yang baik untuk kamu bisa menjaga dan mempertahankan diet kamu selama momen Idul Adha masih berlangsung. Ketika kamu bangun lebih pagi maka tentu kamu akan punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal kamu sendiri. Seperti misalkan olahraga pagi, menyiapkan makanan kamu sendiri sampai dengan berbelanja aneka kebutuhan yang kamu perlukan.

Dengan begini maka kamu punya wewenang khusus untuk memilih dan memprioritaskan mana yang kamu butuhkan dan mana yang kamu inginkan. Sehingga kamu pun bisa lebih menjaga diet yang kamu jalankan dengan baik karena kamu sendiri tahu mana yang lebih penting dan tentu kamu perlu mendahulukan diet yang kamu jalani dibandingkan terus menerus menuruti keinginan kamu yang kurang sehat.

Untuknya, meski berada di rumah orangtua maka jangan malas dan bangunlah lebih pagi. Luangkan waktu untuk menikmati udara pagi hari yang segar dengan berkeliling komplek dan buat sendiri makanan yang kamu butuhkan dibandingkan dengan mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Siapkan Selalu Timbangan

Terkadang untuk bisa memotivasi kita menjaga sesuatu yang berharga maka kita perlu motivator yang kuat yang bisa terus mengawasi segala hal yang kita lakukan. Dalam diet biasanya ukuran berat badan menjadi takaran seseorang mau bekerja dengan keras menjaga berat badan mereka. Nah, untuknya maka tidak ada salahnya untuk senantiasa mempersiapkan timbangan badan kamu agar kamu lebih mudah memonitor kenaikan berat badan kamu sendiri.

Hanya saja, jangan pula menimbang terlalu sering karena bisa jadi setelah kamu makan kenaikan berat badan tidak akan langsung terlihat karena tentunya tubuh perlu waktu untuk mencerna makanan menjadi sesuatu. Tunggulah minimal 2 sampai dengan 3 hari dan pastikan timbangan ini selalu kamu bawa kemana-mana untuk menjaga agar kamu tidak makan dan melupakan diet kamu seenaknya.

Hindari Terlalu Sering Melihat Gambar Atau Video Makanan

Munculnya era digital seperti ini membuat setiap orang dengan mudah mengakses segala hal yang mereka inginkan. Dan hal ini pun membuat orang mudah untuk bisa berbagi banyak hal dengan orang lain di sosial media atau di internet. Pengaruhnya, orang lain yang tertarik dan tergiur dengan postingan yang diberikan akan cenderung punya keinginan yang keras untuk bisa meniru atau memiliki hal tersebut.

Termasuk dengan postingan makanan yang banyak dibagikan di sosial media apalagi menjelang Idul Adha nanti akan banyak orang memposting makanan dari olahan daging dengan gambar dan efek yang begitu menggoda. Nah, hal ini pula yang seringkali menjadi godaan yang semakin besar untuk sulit menolak makanan.

Maka dari itu, hindari mengakses tentang makanan sebab hal ini akan cenderung semakin membuat beban dari godaan makanan sulit untuk dihindarkan.

Loading...

Loading...