Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah untuk umat muslm yang ada di dunia. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan ketika bulan Ramadhan yaitu puasa. Selama menjalankan puasa kita harus menahan haus dan lapar. Selain itu, berpuasa menjadi waktu yang tepat untuk menyehatkan tubuh.

Banyak orang berpendapat bahwa selama puasa harapan untuk mendapatkan tubuh langsing dan tetap profosional lebih besar dibandingkan dengan hari hari biasanya, karena ketika puasa asupan makanan dan minuman berkurang. Tubuh langsing akan kita dapatkan apabila kita menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Baca Juga:

Ketika bulan puasa resiko naiknya berat badan justru lebih besar. Sebab ketika buka puasa sering dijadikan waktu balas dendam setelah seharian menjalankan puasa. Ketika berbuka beragam jenis makanan tersedia di meja makan. Kesempatan makan lebih banyak pun terbuka lebar tanpa pernah memikirkan efeknya untuk badan.

Nah, jika anda sering melakukan kebiasaan tersebut maka untuk saat ini alangkah lebih baik segera tinggalkan. Apabila anda tidak bisa mengatur menu makan yang dikonsumsi ketika buka puasa, maka berat badan selama bulan Ramadhan akan meningkat drastis.

Agar nafsu makan bisa dikendalikan saat berbuka, ada beberapa tips yang harus anda lakukan seperti di bawah ini.

5.TIPS-TETAP-LANGSING-SAAT-PUASA.jpg

Tips Langsing Selama Bulan Ramadhan

Minum Air Putih yang Cukup

Sinyal tubuh dalam merasakan haus dan lapar ternyata memiliki kesamaan. Akibatnya otak sering salah mengartikan sinyal tersebut. Ketika anda merasa lapar, anda bisa mencoba minum air putih sebelum makan besar. Sebelum menyantap takjil atau hidangan lainnya, alangkah lebih baik untuk minum air putih terlebih dahulu.

Konsumsi Makanan Rendah Gula dan Kalori

Ketika berbuka puasa anda bisa mengkonsumsi makanan manis, yang terpenting dalam porsi yang wajar atau jangan berlebihan. Jika kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak, maka berat badan bisa naik drastis.

Konsumsi Makanan Mengandung Protein

Makanan mengandung protein mampu memberikan efek kenyang dalam waktu yang lebih lama. Anda harus memenuhi kebutuhan protein dalam menu sahur maupun berbuka puasa. Apabila kebutuhan protein terpnuhi, maka keinginan makan lebih banyak bisa diatasi.

Gosok Gigi

Setelah membersihkan gigi keinginan makan biasanya menjadi berkurang karena malas untuk membersihkannya kembali. Cara ini bisa diterapkan setelah berbuka puasa maupun sebelum pergi ke mesjid untuk shalat tarawih. Dengan membersihkan gigi pada waktu itu akan membuat nafas menjadi lebih segar. Selain itu, nafsu makan pun bisa ditekan.

Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat mampu mengontrol nafsu makan pada saat buka puasa. Oleh karena itu, agar anda bisa mengendalikan nafsu makan saat berbuka anda harus memasukan menu makanan kaya serat ini ke dalam menu yang akan anda santap. Makanan berserat akan memberikan efek kenyang dalam waktu yang lebih lama, sehingga keinginan untuk makan banyak pun bisa ditekan.

Penuhi Kebutuhan Energi dan Nutrisi Saat Sahur

Sahur perlu dilakukan dan jangan dilewatkan apabila anda ingin tetap lancar menjalankan puasa. Dengan sahur, ketika buka puasa nafsu makan tetap terkontrol. Pastikan menu makanan yang anda konsumsi pada saat sahur sudah memehuhi nutrisi dan energi yang dibutuhkan.

Jika kita bisa mengendalikan nafsu makan selama menjalankan puasa, maka berat badan akan tetap dan tidak akan mengalami kenaikan. Selain menurunkan nafsu makan, anda juga bisa mengimbanginya dengan olahraga ringan agar keadaan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Loading...

Loading...