Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan wajib hukumnya untuk umat islam. Namun, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan karena lemas atau tidak memiliki tenaga. Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, anda tentu harus tetap semangat menjalankan aktivitas, termasuk bekerja. Pekerjaan di kantor akan terasa ringan jika anda tetap semangat meskipun sedang berpuasa.

Anda perlu menjaga kesehatan agar tubuh tetap bugar sehingga puasa yang anda jalankan tetap berjalan lancar. Bekerja ketika bulan puasa nyatanya tidak sesulit seperti yang dipikirkan. Nah, berikut tips tetap semangat bekerja di bulan puasa.

Baca Juga:

Baca juga : Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Tips-tetap-semangat-kerja-saat-puasa.jpg

Tips Tetap Semangat Bekerja di Bulan Puasa

Bekerja saat puasa memang memiliki tantangan dan kenikmatan tersendiri. Agar pekerjaan anda tetap lancar saat puasa, simak beberapa tips tetap semangat bekerja di bulan puasa seperti di bawah ini.

Wajib Makan Sahur

Sahur sebelum menjalankan ibadah puasa sangat penting dilakukan. Oleh karena itu, anda jangan pernah melewatkan waktu sahur. Dengan sahur tubuh tetap akan bugar dan semangat untuk bekerja atau menjalankan aktivitas. Sama seperti sarapan pagi, sahur memiliki peran penting dalam menjaga kebutuhan energi selama kita menjalankan puasa.

Konsumsilah makanan sehat ketika sahur. Anda bisa mengonsumsi sumber karbohidrat agar merasa kenyang lebih lama. Selain itu, sertakan juga protein untuk menambah energi. Berikut sumber makanan karbohidrat dan protein yang dapat dijadikan pilihan.

  • Sumbar karbohidrat : Nasi, roti, pasta, gandum dan oat
  • Sumber protein : Keju, telur atau daging yang rendah lemak

Anda juga harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan yang mengandung serat. Serat bisa didapatkan dari buah-buahan dan sayuran agar sistem pencernaan tetap bekerja dengan baik.

Perhatikan Konsumsi Makanan Saat Sahur dan Berbuka

Di bulan puasa anda akan mengalami perubahan waktu makan. Dimana waktu makan anda hanyalah ketika sahur dan berbuka puasa. Oleh karena itu, anda harus pandai dalam memilah dan memilih makanan yang akan dikonsumsi, mana makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi pada waktu tersebut.

Ketika sahur makan dengan porsi yang banyak belum tentu akan membuat anda kuat melakukan aktivitas selama seharian saat puasa. Anda mungkin beranggapan bahwa makan yang banyak akan memberikan cukup energi dalam menjalankan hari. Padahal sebenarnya, makan terlalu banyak akan dapat menyebabkan kantuk yang pada akhirnya akan membuat pekerjaan anda terganggu.

Oleh karena itu, sesuaikan porsi makan dengan kebutuhan anda. Makan juga dengan beragam jenis makanan sehat agar kebutuhan nutrisi harian anda tercukupi. Dengan seperti itu, tubuh anda akan tetap sehat dan bugar dalam menjalankan aktivitas.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Selain mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, serta memperhatikan porsi asupan makanan, anda juga perlu mencukupi kebutuhan cairan. Kebutuhan cairan tubuh harus anda penuhi selama bulan puasa. Dalam setiap harinya anda dapat minum sebanyak 8 hingga 12 gelas air putih. Anda dapat memenuhi kebutuhan ini ketika berbuka sampai waktu sahur. Mencukupi cairan tubuh akan membuat tubuh terhidrasi. Efeknya ketika bekerja anda akan tetap konsentrasi dan produktivitas anda dalam bekerja tidak akan menurun.

Selain menghidrasi tubuh, mencukupi kebutuhan cairan saat bulan puasa juga memiliki manfaat baik lainnya seperti:

  • Membantu memperlancar sistem pencernaan
  • Membuat kulit terlihat lebih sehat dan segar
  • Mengganti elektrolit tubuh yang hilang ketika beraktivitas saat puasa
  • Menjaga kerja otot, dan lain sebagainya

Mengelola Stres dengan Baik

Stres umum dialami oleh banyak orang, terlebih lagi untuk mereka yang memiliki beban pekerjaan yang dapat menyita waktu dan pikiran. Walaupun begitu, jangan sampai tanggung jawab anda di kantor menyebabkan anda tidak nyaman dan stres. Kondisi stres yang dialami akan dapat menyebabkan rusaknya sistem kekebalan tubuh, akibatnya risiko terserang penyakit akan meningkat.

Anda tidak ingin stres mengganggu puasa dan pekerjaan anda bukan? Anda harus dapat mengelola stres dengan baik agar tidak menghambat pekerjaan ataupun ibadah yang anda jalankan.

Untuk mengelola stres ada banyak kegiatan menyenangkan yang dapat anda lakukan. Seperti melakukan kegiatan menyenangkan bersama keluarga tercinta di rumah, membaca buku, menonton film ataupun melakukan perawatan tubuh untuk memanjakan diri.

Cukupi Kebutuhan Istirahat

Waktu tidur ketika bulan puasa pasti akan berkurang, sebab anda harus bangun tidur lebih pagi untuk makan sahur. Terlebih lagi malamnya anda harus melakukan banyak pekerjaan hingga membuat anda tidur larut malam. Kurang tidur akan dapat menyebabkan anda mengantuk, hal itu tidak menutup kemungkinan akan mengganggu kerja anda.

Selain itu, kondisi tubuh yang kurang tidur juga akan dapat membuat kinerja otak terpengaruh dan aktivitas anda esok harinya akan terhambat. Oleh karena itu, sebaiknya hindari tidur larut malam. Jika masih ada pekerjaan yang belum selesai, anda bisa segera menyelesaikan pekerjaan tersebut kemudian tidur.

Agar anda mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas, anda bisa menerapkan beberapa hal seperti berikut ini:

  • Mandi dengan menggunakan air hangat, mendengarkan musik yang menenangkan atau membaca buku sebelum anda tidur akan dapat membuat tidur anda lebih nyenyak.
  • Jangan makan 2 jam sebelum anda tidur. Gas di dalam perut yang mencerna makanan akan menyebabkan anda tetap terjaga.
  • Buat suasana tidur yang nyaman. Jadikan kamar tidur sebagai tempat hanya untuk beristirahat. Keberadaan barang elektronik seperti TV dan komputer justru akan membuat ketenangan terganggu.
  • Alkohol, nikotin pada rokok dan kafein akan dapat menyebabkan anda sulit tidur. Oleh karena itu, sebaiknya hindari semua itu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Melakukan Olahraga Ringan

Ketika puasa justru banyak orang yang malas-malasan dengan alasan lemas dan lain sebagainya. Puasa jangan menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga. Seharian duduk di kantor akan membuat tubuh jarang bergerak. Apabila hal ini dibiarkan terus menerus, akan menyebabkan rasa lemas dan performa kerja anda menurun.

Anda dapat melakukan olahraga ringan ketika bulan puasa. Anda bisa melakukannya setelah berbuka puasa ataupun setelah selesai sahur sebelum anda berangkat ke kantor.

Berjemur

Karena harus bekerja seharian di dalam ruangan, maka anda mungkin akan jarang mendapatkan udara segar dan bertemu dengan matahari. Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk keluar agar mendapatkan udara yang segar di bawah sinar matahari. Sinar matahari menjadi sumber vitamin D untuk tubuh. Namun, pastikan anda memilih waktu yang tepat.

Berjalan-jalan sambil menikmati udara segar dapat membantu membuat pikiran tenang. Tidak perlu melakukannya terlalu lama, cukup melakukan kegiatan ini selama 10 hingga 15 menit.

Meskipun sedang berpuasa, anda tetap harus menjalankan aktivitas seperti biasanya. Agar tubuh tetap bugar dan semangat dalam melakukan pekerjaan, beberapa tips di atas bisa anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Loading...

Loading...