Salah satu kebiasaan yang sudah menjadi budaya di tanah air ketika menjelang hari raya adalah mudik. Mudik atau pulang ke kampung halaman adalah serentetan kegiatan yang seringkali dilakukan oleh mereka para perantau. Berkumpul bersama dengan keluarga dan bercengkrama ketika momen lebaran memang menjadi waktu yang tepat.

Jarak menuju kampung halaman yang umumnya cukup jauh dan menghabiskan waktu yang tidak sebentar. Seringkali membuat seseorang harus berjuang dan berjibaku dengan ritual mudik. Polusi asap kendaraan, berjibaku dengan macet dan berusaha menahan pipis adalah bagian dari seni bermudik.

Baca Juga:

Nah, berbicara mengenai polusi udara dan perjalanan yang jauh tentunya banyak diantara kita yang mengalami permasalahan kulit selama perjalanan di tempat mudik dan di kampung halaman. Cuaca dan suhu yang berbeda seringkali mempengaruhi kulit pada saat beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Tak jarang hal seperti ini menyebabkan masalah pada tubuh anda, terutama kesehatan kulit pada bagian wajah. Lantas bagaimana seharusnya merawat dan mengatasi permasalahan kulit selama mudik lebaran? Mari kita simak beberapa informasi pentingnya dibawah ini.

Trik Merawat Kulit Tetap Sehat Saat Mudik Lebaran

Mudik memang memberikan tantangan tersendiri bagi banyak para pelakunya. Meski mudik ibaratkan sebuah petualangan yang seru namun tak jarang untuk sebagian orang hal ini bisa menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan, terutama ketika harus menempuh perjalanan yang begitu jauh.

Sebab polusi udara dan masalah lain bisa mungkin memicu permasalahan yang mengganggu kesehatan dan kecantikan kulit kita. Nah, karena hal inilah yang seringkali membuat banyak wanita mengeluhkan bagaimana sih cara mensiasati kesehatan dan kecantikan kulit agar senantiasa terjaga dengan baik selama mudik lebaran? Tak perlu khawatir dibawah ini kami akan bagikan informasinya.

Perhatikan Pada Saat Packing

Packing atau berbenah menyiapkan peralatan dan perbekalan yang akan dibawa ke tempat mudik adalah bagian yang paling penting, terutama untuk anda para wanita. Lewat packing semua peralatan dan perlengkapan akan dipersiapkan guna menunjang kegiatan anda selama di tempat mudik.

Akan tetapi, penting untuk diperhatikan dengan baik bahwa packing untuk mudik tidak melulu harus menyiapkan oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman. Sebab anda pun akan perlu mempersiapkan peralatan dan keperluan anda. Apalagi untuk anda yang seringkali mengalami masalah kulit atau alergi terhadap beberapa hal.

Jadi alih-alih mengandalkan peralatan dan perlengkapan yang ada di kampung halaman yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan anda. Maka perhatikan untuk mempersiapkan segala kebutuhan anda. Terutama kebutuhan skin care anda. Bila anda khawatir masalah persiapan ini memakan waktu yang lama maka sebaiknya perhatikan untuk melakukan persiapan ini dari jauh-jauh hari sebelumnya.

Dengan demikian, persiapan yang matang dan dilakukan dari jauh-jauh hari akan menghindarkan anda dari kelupaan membawa perlengkapan penting yang anda perlukan. Sementara itu, ada tips penting yang perlu diperhatikan ketika anda packing diantarnya adalah jangan menyatukan kebutuhan anda dengan peralatan lainnya.

Bila perlu siapkan beberapa wadah atau tas yang memungkinkan anda untuk bisa mengklasifikasikan beberapa peralatan yang anda butuhkan. Hal ini akan tentu memudahkan anda mendapatkannya ketika anda membutuhkan peralatan yang akan anda gunakan nantinya.

Perhatikan Selalu Untuk Membawa Skin Care yang Biasa Digunakan

Bagi sebagian wanita yang seringkali menggunakan skin care di rumah dengan perawatan yang cukup banyak. Biasanya mereka enggan untuk membawa perlengkapan ini ke tempat mudik sebab dianggap sebagai hal yang cukup merepotkan. Belum mereka khawatir bila skin care yang mereka bawa akan tumpah dan mengenai semua perbekalan yang sudah mereka siapkan. Sehingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk melewatkan produk perawatan wajah dan memilih beralih pada produk yang lebih hemat.

Akan tetapi, hal semacam ini sebaiknya tidak disepelekan begitu saja. Sebab penggunaan skin care pada masing-masing orang biasanya tidak sama. Dan tidak semua jenis kulit akan cocok menggunakan sembarang jenis skin care. Kesalahan sedikit saja bisa mungkin menyebabkan masalah pada kulit. Bisa jadi kulit anda malah meradang dan memerah. Akibatnya hal ini akan tentu merugikan anda apalagi menjelang hari lebaran tentunya semua menginginkan wajah dan kulit mereka dalam keadaan paling bersinar dan terbaik.

Maka dari itu, sebaiknya perhatikan masalah ini dan jangan sampai hanya karena anda enggan untuk dibuat ribet dengan peralatan makeup dan skin care yang biasa digunakan. Anda lantas melewatkan membawa mereka dalam tas anda.

Saat ini ada banyak produk makeup bag yang akan memungkinkan anda untuk bisa membawa peralatan makeup dan skin care dalam satu wadah yang praktis. Ada banyaknya pocket didalamnya akan memungkinkan anda untuk bisa menyimpan makeup dan skin care secara bersamaan. Dengan demikian, tentunya hal ini akan memudahkan anda untuk bisa membawa produk perawatan kulit kemana saja dengan mudah.

Berikan Pelembab Kulit Sebelum Berpergian

Penting untuk diingat bagi anda yang hendak melakukan perjalanan panjang yang cukup jauh. Maka sebelumnya, pastikan anda untuk senantiasa mengaplikasikan pelembab pada bagian kulit anda secara merata. Untuk anda yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi roda empat maka tentunya anda akan senantiasa diberikan kenyamanan yang cukup baik.

Tubuh anda tidak akan terkena paparan sinar matahari secara langsung dan debu jalanan pun bisa anda hindari dengan menutup bagian kaca mobil. Akan tetapi demikian, tetap saja permasalahan kulit akan sulit untuk dihindari.

Karena meskipun adalah didalam ruangan yang tertutup, pancaran AC dari mobil dalam waktu yang cukup lama bisa mungkin menyebabkan kulit kering dan wajah terasa tegang. Nah, hal inilah yang membuat anda perlu untuk mengaplikasikan pelembab wajah dan kulit secara merata sebelum anda pergi.

Dengan demikian, pastikan anda senantiasa menggunakan pelembab wajah dan kulit kemanapun anda pergi. Baik pagi atau malam hari, kulit perlu dijaga agar tetap lembab agar terhindar dari permasalahan yang merugikan. Selain menutrisi kulit dengan merata, kulit kering yang diberikan pelembab akan dapat berfungsi untuk mencegah kulit dari bahaya dehidrasi.

Sementara itu, untuk kulit berminya, pelembab akan bermanfaat dalam mengontrol produk minyak dari dalam wajah dengan merata. Untuknyalah, pelembab menjadi hal yang amat penting untuk senantiasa anda perhatikan dengan baik.

Mengingat suhu dan iklim cuaca di tempat yang baru tentunya berbeda dengan tempat tinggal anda saat ini. Maka untuk membantu wajah beradaptasi dengan baik ingat selalu untuk memberikan pelembab.

Gunakan Serum Kulit Sebelum Pergi

Meskipun berusaha dengan keras agar kulit tidak langsung terpapar dengan sinar matahari. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri meski anda berada didalam kendaraan yang tertutup namun tetap saja paparan sinar matahari akan sulit untuk dihindari. Sementara itu, dampak dari pancaran sinar matahari secara langsung pada bagian kulit akan berpengaruh cukup buruk.

Selain kulit yang melegam, permasalahan lain yang bisa ditimbulkan dari kondisi ini adalah adanya garis-garis halus pada wajah, keriput dan permasalahan lain seperti hadirnya flek hitam. Tentu masalah semacam ini akan dapat menjadi perusak kecantikan dan kesehatan kulit anda.

Apalagi tentunya ketika berada di kampung halaman dan menyambut hari raya kita tentu menginginkan tampilan kulit terlihat cerah dan bersinar. Karena dengan begini maka tentu kecantikan akan semakin terpancar. Hanya saja, bila permasalahan kulit semacam ini hadir tentunya kecantikan akan terhalang dengan noda dan permasalahan kulit.

Nah, untuk alasan inilah penggunaan serum sebelum pergi mudik menjadi bagian penting yang perlu untuk diperhatikan dengan baik. Penggunaan serum akan dapat anda jadikan sebagai pelindung agar ketika wajah terkena dengan paparan sinar matahari secara langsung maka masalah tersebut akan dapat dihindari.

Selain itu, penggunaan serum pun akan dapat mengatasi dan menyamarkan noda hitam pada wajah. Pun berfungsi menghindarkan hadirnya noda hitam yang baru. Zat-zat dalam serum akan berfungsi untuk menyembuhkan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari secara langsung.

Gunakan Pakaian Tertutup

Trik lain dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit pada saat mudik lebaran adalah dengan senantiasa memastikan bahwa anda selalu menggunakan pakaian tertutup. Apalagi untuk anda yang bermudik menggunakan kendaraan terbuka atau kendaraan roda dua. Jarak tempuh yang cukup jauh dengan waktu yang cukup lama dihabiskan diperjalanan. Bisa mungkin memicu permasalahan pada kulit.

Untuknyalah, penting sekali pastikan sebelum berangkat memilih baju dan gunakan perlengkapan yang menutup kulit anda. Cara ini akan bermanfaat dalam menjaga dan menghindari agar kulit tidak terpapar dengan pancaran sinar matahari secara langsung. Terutama ketika durasi perjalanan dan jarak yang ditempuh cukup lama.

Pastikan anda menggunakan pakaian dengan lengan yang panjang dan menutupi sebagian tubuh anda. Bila anda berkendara menggunakan motor maka jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan masker. Penggunaan masker dimaksudkan untuk menutupi bagian wajah agar tidak terpapar sinar matahari dan debu dari jalanan.

Sebagaimana kita ketahui bahwa paparan debu dan kotoran akan mudah menyebabkan masalah pada wajah. Salah satunya adalah wajah kusam dan jerawatan. Tentunya, tampil dengan wajah kusam dan berjerawat akan menjadi mimpi buruk saat hari lebaran nanti. Maka dari itu, lebih baik gunakan peralatan dan perlengkapan di perjalanan yang akan menunjang kulit anda tetap terjaga dengan baik.

Gunakan Lipbalm

Selain kulit dan wajah, perawatan bibir pun menjadi hal penting yang perlu untuk anda perhatikan selama mudik dan diperjalanan menuju kampung halaman. Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa cuaca di bulan-bulan juni sedang begitu terik. Tanpa adanya pelembab tambahan di kulit tentunya permasalahan akan mudah terjadi.

Bagi anda yang memilih mudik saat sebelum lebaran dan masih menjalankan ibadah puasa. Tentunya kurangnya asupan cairan dan makanan kedalam tubuh akan membuat tubuh kehilangan kelembapannya. Hal inilah yang umumnya cenderung membuat kulit kering pada saat puasa dan ditambah perjalanan ketika mudik akan semakin parah.

Nah, menghadapi masalah semacam ini maka penting sekali untuk kita memperhatikan untuk senantiasa membantu memberikan pelembap tambahan pada kulit. Salah satunya untuk bibir anda bisa menggunakan lipbalm alih-alih menggunakan lipstik penggunaan lipbalm akan sangat membantu. Maka dari itu, sebelum berangkat mudik terlebih dahulu sebaiknya aplikasikan lipbalm dengan merata.

Saat ini tentunya ada banyak produk lipbalm yang bisa anda gunakan. Banyaknya variasi ini memungkinkan anda untuk memilih produk mana yang memiliki formula yang sesuai dengan jenis kulit bibir anda. Sementara itu, pada saat diperjalanan anda merasa pelembab bibir sudah mulai menghilang maka tidak ada salahnya mengaplikasikan kembali lipbalm pada bibir anda.

Cuci Muka Secara Teratur

Hanya karena alasan sedang dalam perjalanan yang jauh, bukan berarti hal ini menghentikan anda untuk senantiasa menjaga kebersihan wajah anda. Meskipun dirasa tidak nyaman dan tidak memungkinkan untuk bisa cuci muka didalam kendaraan selama mudik. Akan tetapi, hal ini bukan berarti anda mengabaikan begitu saja kesehatan kulit anda.

Apalagi untuk anda yang menggunakan makeup saat diperjalanan. Tentunya, makeup dan produk yang anda aplikasikan pada wajah selama  berjam-jam masih menempel dan tidak dibersihkan dengan baik akan mungkin menempel pada pori anda dan terakumulasi didalamnya. Akibatnya hal ini akan mungkin menyebabkan permasalahan kulit yang serius. Bisa jadi, tidak mencuci bersih muka yang masih bermakeup menyebabkan jerawat dan komedo mudah muncul. Akibatnya, wajah bukan cerah berseri dan terlihat menawan ketika hari raya. Bisa mungkin hal ini memicu permasalahan yang serius.

Untuknya, perhatikan masalah ini dengan baik. Pastikan anda selalu meluangkan waktu selama beberapa saat agar bisa mencuci wajah. Anda bisa memanfaatkan rest area untuk sekedar mencuci bersih muka anda menggunakan cleanser yang memang cocok dengan jenis kulit anda. Karena perjalanan mudik yang melelahkan dan menguras keringat biasanya minyak akan bercampur bersama dengan makeup dan semua produk yang diaplikasikan di wajah.

Oleh karenanya, bila masalah ini tidak segera diatasi dengan baik maka tentu komedo dan jerawat adalah hal yang sulit untuk anda hindari.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Bukan hanya perawatan dari luar yang penting untuk diperhatikan dengan baik.  Akan tetapi, perawatan kulit pun perlu diperhatikan dari dalam. Kulit yang kering bisa pual dipicu karena permasalahan kurangnya asupan cairan kedalam tubuh. Nah, biasanya masalah semacam ini banyak terjadi pada mereka yang seringkali malas untuk minum air.

Khususnya bagi anda yang mudik diwaktu sebelum lebaran dan masih menjalankan ibadah puasa diperjalanan. Maka ketika waktu buka dan sahur pastikan anda senantiasa mencukupi kebutuhan air putih kedalam tubuh dengan baik. Umumnya, tubuh memerlukan sekitar 1.8 liter air setiap harinya.

Atau mungkin ketika anda sedang mudik tubuh membutuhkan lebih banyak cairan. Maka dengan itu, pastikan untuk tidak malas mengasup tubuh dengan kebutuhan cairannya dengan baik. Bila anda malas mengkonsumsi air maka kebutuhan cairan ini tidak selalu harus dicukupi dengan air putih. Anda bisa menyelangi kebutuhan air putih dengan cairan lainnya, seperti air lemon, air jahe dan lain sebagainya.

Jangan Keluar Rumah Tanpa Sunscreen

Penting diketahui untuk tidak keluar rumah tanpa menggunakan sunscreen. Apalagi ketika cuaca diluar begitu ekstrim dan matahari begitu terik sebab mungkin hal ini akan memberikan pengaruh yang kurang baik untuk kulit anda. Kulit yang terkena paparan sinar matahari secara langsung akan berakibat fatal untuk kulit.

Beberapa permasalahan yang mungkin terjadi akibat paparan sinar matahari secara langsung pada kulit adalah kulit terbakar, flek hitam dan kulit kering juga pecah-pecah. Penggunaan sunscreen akan membantu anda terhindar dari permasalahan semacam ini.

Loading...

Loading...