Memiliki berat badan ideal tentu menjadi dambaan untuk siapa saja. Betapa tidak, bentuk tubuh yang proporsional akan mampu memberikan tampilan terbaik dari kecantikan seseorang. Sayangnya, tidak semua orang yang lahir di muka bumi ini diberkahi dengan bentuk badan sempurna yang juga proporsional. Sebagian diantaranya berjuang sangat keras untuk bisa menaikkan berat badan agar terlihat menarik dan ideal. Sementara sebagian lainnya, dibuat pusing dengan ukuran berat badan yang berlebihan.

Nah, salah satu cara yang dilakukan dalam meraih bentuk tubuh yang ideal pada mereka yang memiliki masalah berat badan berlebihan. Maka diet menjadi salah satu pilihan yang sesuai untuk bisa mencapai tampilan yang mendekati bentuk tubuh impian.

Baca Juga:

Jika biasanya pelaku diet amat sangat menghindari asupan lemak dalam prosesnya. Namun lain ceritanya dengan mereka yang menjalani diet keto. Pada jenis diet ini asupan lemak ke dalam tubuh sengaja ditingkatkan dengan menekan asupan karbohidrat yang sangat sedikit dan diimbangi dengan asupan protein yang sedang.

Anda yang belum pernah mendengar istilah diet keto maka tak perlu khawatir, penjelasannya akan di bawah di bawah ini termasuk dengan apa saja manfaatnya dan bagaimana cara melakukan diet keto yang digadang-gadang mampu menurunkan berat badan sampai belasan kilo. Seperti apa saja? Mari simak informasinya di bawah ini.

diet-keto.jpg

Apa Itu Diet Keto?

Pada umumnya diet keto sekilas mirip sekali dengan diet Atkins yakni diet yang berfokus pada asupan lemak yang tinggi ke dalam tubuh dan menekan sejumlah karbohidrat dalam porsi yang sekecil-kecilnya kemudian ditambah dengan asupan protein sedang yang tetap diasup ke dalam tubuh.

Mendengar pola diet semacam ini mungkin sebagian dari kita ada yang terkejut dan bahkan terheran-heran bukanlah salah satu penyumbang kegemukan yang utama bersumber dari lemak? Namun pada diet ini lemak justru menjadi asupan yang dimasukkan ke dalam tubuh bahkan jumlahnya cukup banyak.

Sebenarnya tujuan dari konsumsi lemak dalam jumlah banyak pada diet keto adalah agar tubuh mencapai kondisi ketosis. Pada kondisi ini, tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi utamanya. Selain itu, asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi keton pada hari sehingga hal ini akan dapat memberikan suplai energi bagi otak.

Anda yang mungkin tidak familiar dengan ketosis kondisi ini sebenarnya adalah kondisi ringan dari ketoasidosis, yakni sebuah kondisi berbahaya yang terjadi pada penderita diabetes tipe 1. Meskipun ada begitu banyak pro kontra terhadap diet yang satu ini.

Namun beberapa studi yang dilakukan oleh ahli gizi mengatakan bahwa diet ini termasuk ke dalam jenis diet yang aman dan efektif dilakukan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Asalkan salah satu syarat yang harus diperhatikan dari diet ini adalah si pelaku diet menjalaninya dengan batasan waktu tertentu dan mendapatkan pantauan medis yang dilakukan dokter atau ahli gizi.

Jadi demikian, anda tidak bisa menjalani diet ini dengan sembarangan. Tanpa adanya batasan waktu tertentu dan pengawasan dari dokter. Konsultasikanlah terlebih dahulu apakah tubuh anda akan aman menjalani diet yang satu ini atau tidak. Selain itu, diet keto pun tidak bisa dijalani sesuka hati anda mengingat batasan waktu ini dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan dalam tubuh anda.

Apa Saja Manfaat Diet Keto?

Sebelum digunakan untuk menurunkan berat badan bagi mereka yang bermasalah dengan ukuran berat badan yang berlebihan. Sebenarnya, diet keto lebih dulu dianjurkan sebagai salah satu cara untuk mengatasi berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh, terutama untuk mengurangi frekuensi timbulnya serangan kejang yang terjadi pada anak yang menderita epilepsi yang tidak ditangani dengan menggunakan obat-obatan.

Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa diambil dari menjalani diet keto dengan baik. Apa sajakah manfaat tersebut? Mari kita simak informasinya di bawah ini.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama tentu saja yang bisa dirasakan dari menjalani diet keto adalah penurunan berat badan. Apalagi bila anda mampu melakukannya dengan sangat baik dan konsisten bahkan digadang-gadang, diet ini mampu menurunkan berat badan sampai belasan kilogram.

Hal ini dikarenakan diet keto memicu keadaan ketosis dimana tubuh anda akan membakar lemak menjadi energi. Dari sinilah mengapa diet ini disebut-sebut ampuh turunkan berat badan. Bahkan sejumlah penelitian menjelaskan bahwa diet yang satu ini mampu menekan rasa lapar dan juga menurunkan jumlah keseluruhan asupan makan.

Jadi anda yang sudah terbiasa menjalani diet yang satu ini maka anda tidak akan terlalu terbebani dengan perasaan lapar yang kerap kali menyiksa sewaktu anda menjalani diet.

Meringankan Gejala Epilepsi

Seorang ahli gizi mengungkapkan bahwa diet keto dapat meringankan gejala epilepsi yang terjadi pada anak. Diet ini akan bermanfaat dengan sangat efektif, terutama untuk anak dengan gejala epilepsi yang sulit ditangani lewat pengobatan biasa. Penelitian yang dilakukan pada sekitar 150 anak yang menderita epilepsi menunjukan hasil setelah mereka melakukan diet keto selama satu tahun, setengah daria anak-anak mengalami penurunan frekuensi kejang bahkan sampai 50%.

Manfaat inilah yang mungkin tidak dirasakan oleh jenis diet lainnya. Anda yang punya anak dengan riwayat epilepsi maka menerapkan diet keto pada si kecil akan menjadi solusi yang ampuh daripada terus menerus menjalani pengobatan yang belum tentu berhasil bagi buah hati anda.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Sebagaimana telah dibahas di atas bahwa sebenarnya manfaat diet keto untuk kesehatan telah lebih dahulu dikenal dibandingkan dengan manfaat diet keto untuk menurunkan berat badan. Salah satu manfaat yang paling ampuh yang bisa didapatkan dari diet ini adalah gula darah yang dapat terkontrol dengan baik.

Hal ini terjadi ketika asupan karbohidrat ke dalam tubuh jumlahnya sedikit maka tubuh akan dapat lebih memaksimalkan karbohidrat menjadi energi. Alhasil kadar gula darah pun tidak semakin banyak. Manfaat diet keto yang satu ini sangat direkomendasikan terutama bagi mereka yang punya masalah dengan diabetes.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari menjalani diet keto adalah diet yang satu ini efektif untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Seperti yang kita ketahui, penyakit jantung adalah penyakit berbahaya dengan risiko paling serius yakni kematian. Anda tentu tidak ingin hal semacam ini menyerang diri anda. Oleh karenanya menjalani diet keto mampu memberikan sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan.

Adapun manfaat penurunan risiko penyakit jantung ini dikarenakan diet keto dijalani dengan memperbanyak asupan lemak sehat yang kemungkinan akan mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Hal tersebut diduga sebab diet keto mampu menurunkan sejumlah kadar insulin yang ada di dalam tubuh sehingga produksi kolesterol di dalam tubuh pun ikut berkurang. Kondisi inilah yang akan menekan risiko penyakit jantung dan juga mengurangi risiko terhadap tekanan darah tinggi.

Mengurangi Risiko Terkena Gangguan Syaraf

Selain epilepsi manfaat lain yang bisa didapatkan dari menjalani diet keto adalah membantu menangani gangguan syaraf yang ada di dalam tubuh seperti halnya Alzheimer, penyakit Parkinson dan bahkan gangguan tidur. Kondisi ini disinyalit akibat keton yang dihasilkan oleh tubuh mampu menguraikan lemak menjadi energi sehingga mampu melindungi otak dari kerusakan.

Melihat ada banyaknya manfaat yang bisa diambil dari menjalani diet keto maka tentu saja diet ini akan baik untuk kesehatan anda. Karena bukan hanya menurunkan berat badan, namun juga ada banyak manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan.

Anda yang tertarik untuk menjalani diet keto tak perlu khawatir di bawah ini adalah tips dan panduan menjalani diet keto untuk pertama kali. Seperti apa saja tipsnya? Mari simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Cara Kerja Diet Keto di Dalam Tubuh

Sebelum membahas mengenai tips melakukan diet keto untuk pertama kali, bahasan mengenai cara kerja diet keto di dalam tubuh menjadi bahasan yang penting untuk disimak terlebih dahulu. Agar menjadi panduan seperti apa pola makan dan bagaimana efeknya menjalani diet ini untuk tubuh anda.

Apa yang membuat diet keto sangat efektif dalam penurunan berat badan? Hal ini dikarenakan pada diet keto pola makan yang diasup ke dalam tubuh adalah jenis yang rendah dengan karbohidrat dan juga rendah gula. Tanpa kedua nutrisi ini, tubuh anda akan mulai membakar lemak yang tersimpan di dalam tubuh dan membentuk keton untuk mendapatkan sejumlah energi.

Kondisi ketika lemak mulai dibakar di dalam tubuh dikenal dengan sebutan ketosis. Adapun waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencapai kondisi ketosis tersebut adalah sekitar 2 sampai dengan 4 hari setelah anda mengasup makanan ke dalam tubuh dengan porsi kurang dari 20 sampai dengan 50 gram karbohidrat per harinya.

Inilah mengapa, para pelaku diet keto dapat melihat perubahan signifikan terhadap penurunan berat badannya yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Pada beberapa pengalaman diet keto yang sudah banyak dipraktikan banyak yang mengaku mereka sudah kehilangan berat badan sampai dengan 10kg setelah menjalani 2.5 siklus diet keto.

Hanya saja memang diet keto tidak bisa dilakukan dengan sekaligus dan bertubi-tubi. Apalagi selama ini asupan karbohidrat menjadi asupan yang paling dominan dalam kehidupan seseorang. Sehingga ketika anda menjalani diet keto yang rendah karbo maka biasanya tubuh akan merasakan lemas, rasa lapar yang lebih kontras dan bahkan mual-mual. Namun ini adalah gejala yang wajar sebab tubuh anda sedang beradaptasi dengan pola diet yang tengah dijalani.

Untuknya, guna meminimalisir kondisi ini terjadi maka anda bisa menjalani diet keto dengan mengurangi karbohidrat secara bertahap yakni sedikit demi sedikit. Proses ini akan melatih tubuh anda untuk membakar lemak sebelum anda menghentikan asupan karbohidrat ke dalam tubuh dari makanan yang anda konsumsi.

Selain mengurangi berat badan dengan signifikan, diet keto pun dapat mengubah keseimbangan air dan mineral yang ada di dalam tubuh. Untuk mencegah masalah ini terjadi anda bisa meningkatkan asupan garam pada konsumsi makanan diet anda atau membantu asupan suplemen mineral. Adapun asupan suplemen dengan hitungan 3000-4000 mg sodium, 300 mg magneisum dan 1000 mg potassium akan membantu mengurangi efek samping yang anda rasakan dari menjalani diet keto.  

Tips Melakukan Diet Keto Pada Beberapa Tahapan

Untuk dapat menjalani diet keto anda tentu perlu memahami beberapa tahapan yang perlu dilalui. Nah, untuk itu di bawah ini adalah beberapa tahapan pada diet keto yang penting untuk anda pahami dengan baik.

Tahapan Induksi

Tahapan awal dari menjalani diet keto adalah tahapan induksi. Tahapan ini dilakukan dengan mendorong tubuh mencapai kondisi ketosis sehingga tubuh anda akan beradaptasi untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi bukan lagi dari karbohidrat. Adapun cara melakukan diet keto pada tahapan ini adalah dengan perlahan mengurangi asupan karbohidrat dan asupan makanan hewani. Seperti halnya telur, daging ayam dan juga ikan hingga 10 gram per harinya.

Puasa mengkonsumsi makanan selama 16 sampai dengan 18 jam dengan tetap menjaga asupan cairan ke dalam tubuh dan konsumsi minuman yang bebas dengan asupan kalori. Tahapan ini dapat dilakukan selama 2 sampai dengan 3 hari.

Tahapan Konsolidasi

Tahapan selanjutnya pada diet keto yang akan anda hadapi adalah tahapan konsolidasi. Pada tahap ini anda mulai diperbolehkan menyantap makanan seperti sayuran dan sumber nabati. Namun anda tidak disarankan mengkonsumsi buah-buahan. Perlu diketahui bahwa tahapan ini bisa sangat kompleks.

Anda yang sudah diperbolehkan menyantap sayuran namun ternyata konsumsi terhadap makanan ini menyebabkan gula darah anda menjadi lebih dari 90mg/dl maka anda diharuskan untuk kembali ke tahapan induks lagi. Adapun tahapan konsolidasi ini dapat dilakukan selama 1 minggu sampai dengan 1 bulan lamanya.

Tahapan Pemeliharaan

Nah, tahapan akhir dari rangkaian diet keto adalah tahapan pemeliharaan. Pada tahapan ini biasanya penurunan berat badan sudah mulai dirasakan dan tubuh anda pun sudah terbiasa membakar lemak menjadi sumber energi. Anda pun sudah diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Namun untuk konsumsi terhadap karbohidrat jumlahnya tidak lebih dari 20 gram per harinya.

Tak hanya aturan makan, anda yang tengah menjalani diet keto juga disarankan untuk lebih sering mengecek gula darah. Kadar gula dalam dari anda tidak lebih dari 90 mg/dl. Adapun asupan nutrisi yang disarankan pada tahapan ini adalah 75% lemak dengan 20% protein dan 5% karbohidrat.

Hal yang Harus Dilakukan Selama Menjalani Diet Keto

Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan selama anda menjalani diet keto. Hal ini tentu saja dilakukan untuk menunjang keberhasilan dari diet dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan kesehatan anda. Apa saja hal tersebut? Mari simak informasinya di bawah ini.

Disiplin

Disiplin menjadi kunci paling penting dalam menjalani program diet. Bukan hanya pada diet keto akan tetapi jenis diet apa saja membutuhkan kedisiplinan sebagai modal untuk menunjang keberhasilan diet. Maka dari itu, bulatkan tekad yang kuat jauh-jauh hari sebelum anda hendak menjalani diet yang satu ini.

Tingkatkan Asupan Mineral dan Cairan di Dalam Tubuh

Meskipun asupan makanan menjadi hal yang perlu anda batasi dengan baik namun untuk asupan cairan dan mineral sebaiknya tetap jaga asupan ini untuk menghindari dehidrasi dan kemungkinan terjadinya keluhan pada tubuh. Hal ini apalagi selama menjalani diet keto, ginjal anda akan mengeluarkan  elektrolit dalam jumlah yang banyak. Maka dari itu, pastikan asupan cairan terjaga dengan baik untuk mengganti sejumlah cairan dan elektrolit yang hilang.

Loading...

Loading...