Bento merupakan makanan bekal berupa nasi yang ditambah dengan lauk pauk, kemudian dimasukan ke dalam kemasan praktis sehingga bisa dibawa kemana pun dan dimakan di tempat lain. Seiring dengan berjalannya waktu, bento memiliki varian yang berbeda-beda serta sangat banyak jenis dan bentuknya.

Bagi anda semua yang sudah memiliki anak yang duduk dibangku sekolah, biasanya anda akan membawakan bekal untuk makan siangnya seperti roti, nasi goreng, nasi kuning, dll. Bentuk bento yang biasa saja biasanya akan membuat anak anda kurang suka dengan bekalnya sendiri. Untuk itulah, anda bisa membuat bento dengan bentuk yang menarik. Untuk membuat anak senang sehingga berselera makan, anda bisa membuatkan bento dengan dekorasi atau karakter yang anak anda sukai.

Baca Juga:

Salah satu bento menarik yang bisa dijadikan referensi ketika anda membuat bento untuk si kecil yaitu, bento dekorasi ayam. Bento ini terbuat dari nasi dan beraneka ragam lauk pauk yang bergizi, sehingga selain enak dipandang mata, bento ini juga akan sangat sehat ketika disantap.

Cara membuat bento ayam terbilang cukup mudah dan praktis. Untuk mengetahui tutorial serta alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat bento dekorasi ayam, anda bisa langsung simak pembahasan di bawah ini.

Bento ayam

Alat yang Dibutuhkan Untuk Membuat Nasi Bento Dekorasi Ayam

  • 1 buah lunch box
  • 1 buah pisau
  • 1 buah mengkuk kecil
  • 1 buah gunting

Bahan yang Dibutuhkan Untuk Membuat Nasi Bento Dekorasi Ayam

  • Nasi putih secukupnya
  • Selada secukupnya
  • Telur ayam rebus secukupnya
  • Wortel rebus secukupnya
  • Rumput laut kering atau nori secukupnya
  • Jeruk secukupnya
  • Jagung rebus secukupnya
  • Capcay secukupnya

Tutorial Nasi Bento Dekorasi Ayam

Tutorial bento ayam

  1. Ambil telur rebus yang sudah anda siapkan. Lalu manfaatkan bagian kuningnya saja. Simpan bagian kuning telur rebus tersebut pada mangkuk kecil. Masukan nasi yang sudah anda siapkan ke dalam mangkuk berisi kuning telur rebus. Hancurkan kuning telur tersebut, lalu aduk merata sampai tercampur dengan nasi sehingga nasi berubah warna menjadi kuning. Bentuk segitiga nasi yang sudah dicampur dengan bagian kuning telur ini.
  2. Simpan selada pada salah satu tempat di lunch box. Lalu simpan nasi yang suda dibentuk di atas selada. Tambahkan 2 buah jagung rebus yang sudah dipipil di tengah-tengah nasi, dimana jagung rebus pipil ini digunakan sebagai paruh ayam.
  3. Potong tipis wortel rebus yang sudah anda siapkan. Lalu potong bergerigi. Jika sudah, simpan di bagian atas nasi. Dimana wortel ini berfungsi sebagai jengger ayam.
  4. Bentuk oval atau bulat panjang nori sebanyak dua buah, dimana potongan nori ini digunakan untuk mata.
  5. Simpan dua buah telur ayam rebus yag sudah dihias seperti anak ayam pada tempat lainnya di lunch box. Lalu simpan capcay di tempat lainnya.
  6. Potong jagung rebus dengan ketebalan sekitar 3 cm. Lalu belah menjadi dua bagian. Kemudian simpan dipinggir atas nasi yang sudah didekorasi menjadi ayam tersebut. Terakhir, simpan jeruk di tempat lainnya yang masih tersisa.

Nasi bento karakter ayam sudah selesai dibuat. Anda bisa mengganti lauk, sayur, atau buah-buah sesuai dengan yang anda inginkan. Anda juga bisa mendekorasinya sesuai dengan selera untuk mendapatkan bento yang lebih menarik dan unik.

Itulah tutorial nasi bento ayam. Anda bisa saksikan video di bawah ini untuk mendapatkan tutorial yang lebih jelas dan lengkap.

 

Bagikan resep ini kepada sahabat dan teman anda, berikan juga komentar pada kolom komentar di bawah ini.

Loading...

Loading...