Jika bentuk wajah anda tidak sempurna anda tidak perlu mengeluh. Bentuk dagu yang kurang lancip, hidung yang kurang mancung dan pipi yang terlihat chubby bisa disamarkan dengan trik make up, yakni trik shading. Artis yang sering kita lihat di layar kaca juga biasanya melakukan teknik shading agar wajahnya terlihat semakin sempurna. Untuk mendapatkan kesan wajah yang simetris dan sempurna, sebenarnya anda pun bisa melakukan teknik shading. Dengan teknik shading kekurangan wajah anda dapat tersamarkan.

Shading itu sendiri merupakan bayangan gelap yang diberikan pada bagian wajah tertentu untuk menutupi kekurangan wajah. Dalam make up, teknik shading merupakan bagian dari teknik contouring. Teknik contouring yaitu trik make up yang bermanfaat untuk membentuk bagian wajah tertentu ataupun menyamarkan bagian wajah tertentu, serta menonjolkan bagian wajah yang lainnya. Teknik contouring make up terdiri dari teknik shading dan highlighting. ( Baca juga : Cara Membuat Alis )

Baca Juga:

Tujuan shading yaitu untuk menciptakan kesan lebih sempit, kecil atau tak terlihat pada bagian kekurangan wajah anda. Sedangkan highlighting untuk menonjolkan bagian wajah yang dianggap sebagai kelebihan.  Nah, bagi anda yang belum paham teknik shading wajah, simak tutorial shading wajah di bawah ini.

Tutorial shading wajah

Tips Memilih Produk Untuk Shading

Pilih Foundation

Ketika memilih produk untuk shading sebaiknya pilihlah semua produk dengan material yang sama, sebagai contoh jika anda menggunakan produk cair maka sebaiknya seragamkan semuanya. Begitu pun jika anda menggunakan bahan dasar padat, maka semua produk sebaiknya menggunakan  bahan padat.

Jika menggabungkan beberapa material bahan yang berbeda, maka lapisan wajah akan terlihat buruk. Sediakan foundation dengan warna yang lebih terang dari kulit  dan dua tingkat lebih gelap dari warna kulit.

Pilih Blending Brush

Untuk mempermudah proses shading wajah, sebaiknya anda gunakan blending brush. Pilihlah blending brush yang berkualitas untuk hasil yang maksimal. Gunakanlah brush yang berukuran besar dengan bulu rapat. Jika anda tidak punya brush yang cukup bagus, anda tetap bisa menggunakan jari tangan sebagai blending tool. Apalagi jika anda menggunakan bahan krim atau cair. Jari akan bekerja lebih baik karena panas dari jari dapat membantu membuat makeup lebih halus. ( Artikel lainnya : Tutorial Make Up Mata Untuk Mata Belo )

Tutorial Shading Wajah

  1. Setelah alat dan bahan yang diperlukan siap, anda bisa langsung saja memulai teknik shading. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu pulaskan foundation berwarna terang pada dahi bagian tengah, kemudian pipi bagian dalam kanan dan kiri, hidung bagian tengah dan dagu. Aplikasikan dengan menggunakan brush foundation agar lebih mudah dan hasilnya rapi.
  2. Setelah itu, aplikasikan foundation berwarna gelap pada dahi anda di bagian tengah atas dan kanan kiri atas. Aplikasikan pula foundation pada kedua sisi hidung, kedua sisi pipi paling luar, ujung hidung dan bagian tulang terluar.
  3. Selanjutnya, ratakan melebar foundation yang sudah anda aplikasikan. Ketika meratakannya anda bisa meratakan terlebih dahulu dengan menggunakan jari agar lebih mudah dibentuk mengikuti tulang wajah anda.
  4. Langkah berikutnya yaitu merapikan foundation dengan menggunakan kuas masing-masing shading sampai rata pada kulit.
  5. Gunakan kuas blending, lalu blend keduanya sehingga hasilnya menjadi lebih natural.
  6. Lalu anda bisa kembali merapikannya lagi dengan menggunakan bedak tabur sehingga hasilnya tidak terlalu kaku.
  7. Setelah shading selesai, anda bisa langsung mengaplikasikan make up yang lainnya pada wajah anda.
Loading...

Loading...