Waspada Kanker Kulit Tampak Seperti JerawatJerawat merupakan masalah kulit yang biasanya timbul di bagian tubuh manapun tidak terkecuali di wajah. Jerawat disebabkan karena adanya kotoran yang mengendap dibawah kulit sehingga pori-pori wajah tersumbat dan membentuk benjolan kecil. Jerawat memang bukan masalah yang besar tapi keberadaannya terutama di bagian wajah dapat menggaggu penampilan anda. Meskipun bukan masalah yang besar tetapi anda diharapkan tidak mengabaikannya karena benjolan kecil di wajah itu bisa jadi gejala kanker kulit.

Kanker kulit merupakan penyakit ganas yang banyak memangsa korbannya. Namun dari jenis kanker kulit ada salah satu kanker kulit yang tidak berbahaya tetapi banyak dijumpai, kanker tersebut yaitu basal cell carcinoma. Kanker jenis ini apabila tidak diangkat atau ditangani secara cepat maka akan merusak jaringan serta tulang yang ada disekitarnya. Kanker jenis ini sangat mudah menyebar, dibalik itu kanker ini mudah untuk diatasi namun disisi lain kanker jenis ini akan kembali pada penderita dalam jangka 5 tahun setelah pengobatan.

Baca Juga:

Penyebab dari kanker kulit jenis ini yaitu ketika pergantian sel kulit baru maka akan mendorong sel kulit lama mati. Pergantian sel kulit tersebut akan dikontrol oleh DNA, tetapi ketika DNA rusak matinya sel kulit dan terbentuknya sel kulit baru tidak seperti seharusnya. Sel kulit akan tumbuh secara tidak terkontrol dan akan membentuk benjolan kanker. Namun faktor lingkungan dan genetikpun merupakan penyebab tumbuhnya kanker ini. Jika anda sering terkena sinar ultraviolet dari matahari maka anda akan beresiko terkena kanker ini.

Daerah yang sering terkena basal cell carcinoma yaitu bagian yang sering terkena kontak langsung dengan matahari, misalkan kepala, leher maupun wajah. Gejala awal dari kanker ini yaitu munculnya benjolan kecil mengkilap seperti jerawat pada umumnya di daerah yang terkena kontak langsung dengan matahari. Apabila benjolan yang menyerupai jerawat tersebut pecah maka akan mengeluarkan darah. Pada orang yang memiliki kulit berwarna gelap biasanya benjolan tersebut lebih menyerupai tahi lalat. Munculnya sisik  serta terus tumbuh hingga 10-15 cm adalah ciri lain yang harus anda waspadai. Goresan licin berwarna putihpun pada beberapa kasus merupakan tanda seseorang terkena kanker kulit jenis ini. Basal cell carcinoma ini memiliki bentuk berubah-ubah, kanker jenis ini kadang tumbuh menyerupai benjolan mengkilap, jerawat biasa bahkan seperti jerawat batu.

Menurut penelitian satu dari lima orang memiliki potensi yang besar menderita kanker kulit jenis ini. Dalam sebuah studipun ditemukan bahwa kanker kulit tersebut lebih banyak diderita oleh kalangan laki-laki, namun wanita pun bisa terserang kanker ini. Bahkan pada tahun 2003 wanita yang terserang kanker kulit jenis ini meningkat hingga enam kali lipat. Menurut salah satu dokter spesialis kulit menyatakan bahwa orang yang memiliki kulit putih yang mengandung melanin yang lebih sedikit lebih gampang rusak dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit gelap.

Untuk itu penting bagi anda memeriksakan kesehatan pada dokter spesialis kulit minimal satu tahun sekali karena pada kenyataannya kanker kulit ini sangat sulit dideteksi. Untuk mengurangi resiko terkena kanker kulit maka hindarilah sinar matahari pada siang hari dengan menggunakan pelindung misalkan topi, kacamata, payung atau sunblock karena paparan sinar matahari pada siang hari merupakan salah satu pemicu seseorang terkena kanker kulit.

Loading...

Loading...