Makan menjadi waktu yang penting untuk tubuh bisa memenuhi nutrisinya dengan baik.

Lewat konsumsi makanan energi yang hilang setelah seharian melakukan aktivias akan dapat diganti dan dikembali dengan berbagai asupan gizi dan nutrisi dari makanan yang anda santap. Selain itu , seperti yang telah kita ketahui selama ini bahwa tubuh manusia membutuhkan asupan gizi yang banyak guna mendapatkan metabolisme yang baik.

Baca Juga:

Banyak diantara kita mungkin sudah menerapkan pola makan yang baik, seperti selalu menyantap sarapan, tidak melewatkan makan siang dan selalu siap untuk menyantap makan malam. Tubuh yang tercukupi kebutuhan gizi dan nutrisinya tentu membuat anda terlihat fit dan bersemangat melakukan banyak hal.

Lain halnya dengan perut yang kelaparan, pada saat ini tubuh anda pun akan terlihat lesu dan tidak bertenaga. Akibatnya, kondisi ini mungkin membuat anda merasa tidak semangat untuk dapat melakukan rutinitas dengan baik.

Banyak orang menolak untuk banyak mengkonsumsi makanan, termasuk menerapkan pola makan yang memang sudah dianjurkan. Salah satunya adalah faktor diet. Kondisi semacam ini membuat mereka pada akhirnya memutuskan untuk tidak mengkonsumsi banyak makanan dan melewaatkan aneka jenis konsumsi makanan. Meski perut terasa lapar, mereka akan dengan terpaksa menolak untuk mengkonsumsi banyak makanan. Kekhawatiran terjadinya kenaikan berat badan yang berlebih menjadi salah satu alasan yang membuat sebagian besar orang yang menjalankan diet menolak untuk bisa menerapkan pola makan seperti biasa.

Padahal, tidak mengkonsumsi makanan dalam waktu yang lama akan mungkin menimbulkan banyak penyakit bermunculan. Salah satunya, ya itu tadi tubuh menjadi tidak tercukupi kebutuhan nutrisi dan gizinya dengan baik. Kondisi ini pun akan mungkin membuat tubuh menjadi lemas dan tidak berdaya. Kurangnya asupan makanan pun bisa jadi membuat seseorang kehilangan fokusnya.

bahaya-makan-malam-sebelum-tidur.jpg

Untuk itu, maka tidak ada salahnya untuk secara teratur mencukupi kebutuhan makanan dalam tubuh anda dengan baik. Bila anda merasa khawatir akan kenaikan berat badan yang menakutkan. Maka pemilihan jenis makanan dalam hal ini adalah hal penting yang perlu untuk diperhatikan.

Dalam masa diet atau proses menurunkan berat badan anda bisa mengganti segala jenis makanan yang biasa anda kosumsi dengan jenis yang lebih sehat, seperti sayur dan buah. Konsumsi pada jenis makanan ini tentu akan jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan makanan lainnya. Selain itu, konsumsi makanan ini bahkan bisa dikonsumsi dalam jumlah yang banyak tanpa anda khawatir akan terjadi penimbunan lemak yang berlebihan.

Bila menu makanan dipilih dengan baik dan memperhatikan segala asupan kalori kedalam tubuh maka anda akan dapat mengkonsumsi makanan seperti biasanya tanpa khawatir akan meningkatkan berat badan yang berlebihan.

Nah, selain masalah diatas kekeliruan dalam menyantap makanan juga sering terjadi pada sebagian besar orang yang memiliki kebiasaan makan malam sesaat sebelum tidur. Tahukah anda, kebiasaan yang satu ini akan memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan anda.

Ada banyak sekali pengaruh kesehatan dari membiasakan makan malam sebelum menjelang tidur. Jadi demikian, kebiasaan ini seharusnya segera dihentikan agar kesehatan anda dapat terjamin dengan baik.

Tidak sedikit orang yang kurang memiliki waktu pada saat malam hari sehingga mereka banyak melewatkan waktu makan malam. Alhasil, pada pagi hari mereka akan cenderung mudah kelaparan dan kelabakan mencari-cari makanan ke dapur.

Akhirnya orang-orang yang seringkali pulang larut malam dan tidak sempat menyantap makan malam akan dengan mudah memutuskan menyantap makannya sebelum mereka pergi ke tempat tidur. Akan tetapi, kondisi seperti ini sebenarnya berbahaya dan tidak baik dilakukan terus menerus. Apalagi diterapkan sebagai kebiasaan sehari-hari sebab dampaknya akan cukup serius terhadap kesehatan anda.

Lalu seperti apa saja sih dampak buruk dari kebiasaan menyantap makan malam sebelum tidur? Mari simak dibawah ini.

1. Menambah Berat Badan

Untuk anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan, sebaiknya hati-hati dalam memperhatikan jam makan anda dengan baik. Hindari kebiasaan menyantap makan malam sebelum menjelang waktu tidur sebab kebiasaan ini akan justru membuat anda menaikan berat badan dengan lebih cepat.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa kebiasaan menyantap makanan sampai larut malam akan menimbulkan peningkatan angka  berat badan dengan drastis. Lantas mengapa hal tersebut bisa terjadi? Simak beberapa halnya dibawah ini.

Perlu diingat bahwa setiap makanan dan cemilan yang masuk kedalam tubuh memiliki kandungan kalori yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas. Hanya saja, ketika makanan yang masuk kedalam tubuh ternyata adalah makanan berkalori tinggi sementara tidak ada pergerakan atau aktivitas setelah menyantap makanan ini. Maka yang terjadi dengan tubuh anda adalah penimbunan lemak yang banyak. Bisa dipastikan bila anda melakukan kebiasaan ini secara terus menerus maka pengaruhnya bisa membaut anda menjadi lebih gemuk.

2. Serangan Jantung

Pengaruh buruk yang kedua dari kebiasaan menyantap makanan setelah larut malam adalah serangan jantung. Resiko ini dapat terjadi sebab lemak yang banyak menumpuk pada tubuh anda dan kondisi ini akan mungkin menyumbat bagian-bagian pembuluh darah. Hal seperti ini tentu akan meningkatkan resiko dalam serangan jantung.

Nah, perlu diketahui, kebiasaan mengkonsumsi makanan berat atau cemilan pada malam hari sebelum tidur akan dapat meningkatkan lemak dalam tubuh dan membuat resiko penyakit jantung semakin nyata.

3. Acid Reflux

Acid reflux adalah sebuah kondisi medis dimana asam lambung pada tubuh naik hingga ke daerah kerongkongan atau bagian tenggorokan. Hal ini disebabkan ketika setelah makan tubuh anda langsung berbaring dan berusaha untuk tidur. Ketika konsumsi suatu makanan maka asam lambung akan keluar dan bekerja.

Namun ketika anda langsung tidur atau berbaring maka kondisi ini membuat asam lambung naik kebagian atas hingga kebagian tenggorokan. Kondisi ini akan mungkin menyebabkan perih dan sakit pada bagian kerongkongan dan membuat anda merasa tidak nyaman.

4. Diabetes

Pengaruh yang paling dikhawatirkan selain beberapa pengaruh diatas adalah timbulnya diabetes. Diabetes merupakan penyakit lanjutan dari adanya penumpukan lemak dalam tubh. Apabila anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi banyak makanan atau cemilan sebelum tiur maka resiko terhadap penyakit ini akan lebih besar. Untuk itu, sebaiknya segera hentikan kebiasaan menyantap aneka ragam makanan sebelum anda pergi tidur sebab hal ini akan sangat berbahaya dampaknya.

5. Heart Burn

Dampak yang terakhir dari kondisi ini adalah timbulnya herat burn. Pada dasarnya, hampir mirip dengan gejala acid reflux, penyakit heart burn pun dapat menyebabkan kondisi tidak nyaman untuk anda. Kondisi heart burn dapat terjadi sewaktu anda merasakan sensasi rasa panas dan perasaan yang tidak nyaman di bagian rongga dada selepas anda mengkonsumsi makanan pada waktu malam hari menjelang tidur. Kondisi ini sama-sama disebabkan oleh asam lambung yang naik hingga ke bagian rongga dada dan menimbulkan perasaan seperti terbakar.

Untuk itu sebaiknya hindari atau segera kurangi kebiasaan menyantap makanan sebelum tidur sebab hal ini akan dapat berbahaya untuk kesehatan. Bila anda belum sempat menyantap makan malam maka sebaiknya tunda makan anda dan konsumsi cukup air untuk mengganjal rasa lapar anda. 

Loading...

Loading...