Rambut adalah mahkota setiap perempuan yang harus dijaga dengan baik guna menunjang tampilan tetap terlihat maksimal. Dari rambut yang sehat, kesan elegan dan menawan akan otomatis di dapatkan dengan mudah. Itulah pula yang mungkin menjadi alasan mengapa banyak wanita berlomba dan rela melakukan apa saja demi mendapatkan rambut indah nan berkilau.

Dari mulai pergi ke salon untuk melakukan perawatan dengan harga yang fantasis sampai dengan mereka yang memiliki melakukan perawatan mandiri diri di rumah menggunakan bahan-bahan herbal. Semua cara ini ditempuh demi mendapatkan rambut indah dan sehat yang berkilau.

Baca Juga:

Namun demikian, meskipun sering menjalani perawatan dan menghindari penyebab rambut rusak namun tidak menjamin  kesehatan rambut anda akan terjaga dengan baik. Apalagi anda yang tanpa sadar sebenarnya seringkali membiarkan rambut dekat dengan yang namanya kerusakan.

Nah, untuk memudahkan anda mengetahui apakah rambut anda sudah benar-benar sehat atau belum. Di bawah ini adalah tanda rambut sehat dan berkilau. Apa sajakah tanda tersebut?  Mari kita simak informasinya di bawah ini hanya untuk anda.

Setelah menjalani perawatan rambut yang banyak dan kompleks tentu anda ingin mengetahui seperti apa hasilnya. Apakah produk perawatan rambut berharga fantastis yang selama ini anda gunakan memang memberikan hasil yang maksimak. Atau mungkin hanya embel-embel produk iklan saja? Tenang, cara membedakan rambut sehat dan rambut rusak cukup mudah. Di bawah ini adalah tanda dari rambut yang sehat.

tanda-rambut-sehat.jpg

Rambut Lembut dan Berkilau

Tanda pertama yang bisa didapatkan ketika rambut anda sehat adalah kondisi rambut terasa lembut dan terlihat berkilau. Adapun kondisi ini dikarenakan rambut yang berkilau merupakan hasil dari kutikula. Yakni lapisan paling luar pada rambut yang halus dan merata. Lapisan luar inilah yang berfungsi sebagai pelindung pada bagian kulit kepala. Ketika kutikula anda sehat maka hasilnya rambut akan nampak berkilau sementara ketika disentuh maka akan terasa lembut seperti rambut bayi.

Sebaliknya, rambut yang rusak akan sulit menampakan rambut berkilau dan lembut. Hal ini dikarenakan bagian agar kulit kepala yang bermasalah dan  bagian lainnya yang tidak sehat membuat nutrisi pada rambut menghilang sehingga rambut nampak kusam dan tidak nyaman. Oleh karenanya, penting sekali memperhatikan kesehatan rambut anda dengan baik.

Selain menggunakan perawatan dari produk perawatan rambut, kebiasaan yang anda lakukan sehari-hari pun akan dapat mempengaruhi kesehatan dari rambut anda. Salah satunya adalah kebiasaan mengeringkan rambut dengan menggunakan hairdryer yang seringkali merusak bagian lapisan luar rambut dan menghilangkan kelembabannya. Untuknya, kurangi atau jika memungkinkan hilangkan kebiasaan mengeringkan rambut menggunakan hairdryer.

Rambut Memiliki Tingkat Elastisitas yang Pas

Rambut dengan elastisitas yang kuat adalah rambut yang akan kembali ke bentuk semula setelah meregang. Ketika elastisitas rambut berkurang, maka biasanya rambut akan cenderung lebih mudah patah sewaktu ditarik dimana akhirnya hal ini akan menyebabkan kerontokan. Untuk menguji kelenturan pada rambut sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu membasahi terlebih dahulu rambut anda dengan merata.

Lalu kemudian ambil sehelai rambut dan tarik dengan perlahan. Apabila sehelai rambut tersebut meregang maka artinya rambut anda dalam keadaan sehat. Sebaliknya, ketika rambut yang ditarik malah patah atau tercabut dari akarnya maka ini bisa mengindikasikan rambut anda rapuh yang berarti tidaklah sehat.

Rambut sehat dan punya tingkat elastisitas yang cukup perlu nutrisi yang baik. Salah satunya selain didapatkan dari produk perawatan rambut, konsumsi nutrisi dari makanan penguat akar rambut pun menjadi penting. Salah satunya makanan dengan kandungan protein yang banyak akan membantu rambut lebih kuat dan elastis.

Tidak Mengalami Kerontokan Parah

Sebuah akademi dermatologi dari Amerika bernama American Academy of Dermatology menjelaskan bahwa pada dasarnya kerontokan rambut adalah hal yang wajar. Selama helai rambut yang jatuh per hari hanya sekitar 50 sampai dengan 100 helai maka hal ini tidak dikategorikan sebagai kerontokan rambut bermasalah.

Kondisi lepasnya rambut dari bagian akarnya ini terjadi sebab siklus pertumbuhan rambut biasanya dapat bertahan selama 2 sampai dengan 8 tahun lamanya. Dimana setelah siklus tersebut rambut akan lepas guna menumbuhkan helaian rambut yang baru.

Sementara itu, bila dalam satu hari jumlah rambut rontok melebihi batas normal tersebut maka hal ini mengindikasikan sesuatu bermasalah dengan kesehatan rambut anda.  Penyebab rambut rontok bisa beragam diantaranya adalah penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok, ketombe, rambut kotor dan bahkan pada beberapa kondisi kerontokan rambut bisa jadi efek samping dari efek kemoterapi yang sedang dijalani penderita kanker.

Untuk mengatasi rambut rontok penting sekali diketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Sehingga penanganannya pun menjadi lebih efektf dan cepat. Pastikan pula anda tidak bergunta-ganti produk perawatan rambut dengan ragam yang terlalu banyak sebab ini akan mungkin membuat masalah pada rambut rentan terjadi.

Rambut Mudah Disisir

Salah satu indikasi rambut yang sehat adalah rambut yang mudah ketika disisir. Hal ini dikarenakan permukaan rambut yang halus karena kutikula yang tertutup dengan baik membut rambut menjadi lebih mudah untuk disisir.

Sebaliknya, ketika kutikula tidak sehat maka rambut akan saling menyangkut satu dengan yang lainnya. Akibatnya rambut menjadi kusut dan membuat anda semakin sulit menyisirnya. Perlu diketahui jika rambut yang sulit disisir bukan hanya menjengkelkan. Akan tetapi, hal ini pun bisa sangat menyakitkan.

Dalam beberapa kondisi ketika anda sedang terburu-buru, masalah rambut yang sulit disisir mungkin merusak hari anda dan membuang banyak waktu. Terlebih lagi, anda yang seringkali menata rambut maka mungkin waktu penataan rambut anda akan dihabisnya hanya untuk menyisir rambut anda.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini, penanganan yang akan bisa anda lakukan selain memberikan dukungan kesehatan untuk bagian kutikula. Pemilihan jenis sisir pun menjadi hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Pilihlah sisir dengan gigi yang jarang untuk memudahkan memecah rambut yang salit menali satu sama lain. Penggunaan sisir yang luwes pun akan membantu anda mengatasi permasalahan yang satu ini.

Kulit Kepala Sehat

Ciri lain yang menandakan rambut sehat adalah kondisi kulit kepala yang juga sehat tanpa masalah. Terdapat beberapa indikasi untuk menilai kulit kepala sehat atau tidak. Yang pertam aadalah jumlah rambut yang tumbuh di kepala. Pada rambut yang sehat, pertumbuhan rambut biasanya lebat dan subur hal ini dikarenakan tidak ada faktor yang menghambat kesuburan rambut dengan merata. Maka dari itu, rambut pun akan tubuh dengan lebat dan subur.

Yang selanjutnya adalah pada kepala yang sehat biasaya pada satu pori-pori setidaknya ditumbuhi dengan 3 helai rambut dengan merata. Sebaliknya, bila pada pori-pori kulit kepala dijumpai pertumbuhan rambut yang jarang maka ini bisa mengindikasikan kulit kepala anda tidaklah sehat.

Selain itu, kulit kepala yang sehat pun tidak ditumbuhi dengan ketombe. Ketombe adalah kotoran pada rambut yang terjadi sebab pengelupasan kulit mati. Biasanya ketombe menyebabkan gatal dan rasa tidak nyaman yang mana kehadirannya pun akan dapat menghambat pertumbuhan rambut.

Selain ketombe yang meninggalkan serpihan putih yang kering, anda pun bisa melihat indikasi kulit kepala yang sehat dengan warna kulit kepala. Kulit kepala yang sehat punya pigmen warna kulit yang sama dengan kulit anda. Tentunya kulit kepala tidak mengalami kemerahan atau iritasi yang akan membuat masalah pada rambut bisa terjadi.

Rambut Tidak Tenggelam Dalam Air

Cara lain yang dapat dilihat untuk menilai rambut sehat atau tidak adalah dengan melihat rambut ketika direndam dalam air. Tes ini dapat anda lakukan dengan mudah, yakni denagn menyiapkan air dalam sebuah wadah kemudian masukkan satu helai rambut ke dalamnya. Bila rambut anda mengambang di permukaan maka bisa dipastikan rambut dalam keadaan sehat.

Sebaliknya, bila rambut yang anda celupkan dalam air rupanya tenggelam maka ini adalah tanda dari rambut rusak. Rambut yang rusak, kutikulanya akan terbuka dengan lebar. Sehingga hal ini membuat rambut menyerap sejumlah air yang kemudian menyebabkannya tenggelam.

Kerusakan rambut semacam ini bukan hanya mengganggu namun juga bisa membuat siapa saja yang mengalaminya dibuat tidak percaya diri. Ketika rambut tenggelam dalam air sebab rambut menyerap sejumlah air karena kutikula yang terbuka. Maka hal yang serupa akan terjadi ketika rambut berkeringat. Dimana jenis rambut seperti ini akan membuat rambut nampak lepek dan tidak menarik.

Rambut Tidak Keriting (Frizzy) Meski Ditempat yang Lembab

Hal lain yang bisa menjadi indikasi rambut sehat adalah rambut tidak keriting atau mengembang. Dengan mudah rambut akan selalu nampak rapi, berkilau dan lembut. Sebaliknya, ketika rambut anda mengembang tak karuan maka kondisi ini bisa menandakan rambut yang rusak. Kondisi ini terkadi sebab rambut menyerap kelembapan udara yang ada di sekitar.

Rambut yang mengembang dan kriting terjadi karena kutikula pada rambut rusak. Sehingga hasilnya titik-titik air yang berasal dari tempat lembap pun dapat menerobos bagian batang rambut anda. Hal inilah yang membuat penampilannya menjadi kurang menarik dan tidak enak dipandang. Anda mungkin tidak percaya diri memiliki jenis rambut seperti ini.

Ada banyak faktor yang bisa merusak kutikula pada rambut diantaranya adalah kebiasaan buruk yang dilakukan pada rambut seperti mengeringkan rambut dengan hairdryer, terlalu sering menggunakan catokan dan banyak kebiasaan lainnya yang tidak anda sadari.

Tips Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Pada dasarnya rambut yang sehat akan memberikan penampilan terbaik pada rambut itu sendiri. Sehingga kita tidak perlu styling rambut dengan aneka model yang beragam. Rambut sehat akan nampak berkilau dan lembut cukup hanya dengan menyisirnya.

Sayangnya, rambut yang sehat tidak didapatkan dengan mudah. Anda perlu memperhatikan dengan baik perawatan rambut agar terjaga dengan apik. Apa saja tips merawat rambut agar tetap sehat yang bisa dilakukan? Mari simak informasinya di bawah ini.

Jangan Keramas Tiap Hari

Bila selama ini anda berpikiran dengan keramas setiap hari akan dapat membuat rambut anda bersih dan sehat. Maka anda keliru, terlalu sering keramas akan justru membawa masalah pada rambut anda. Dimana kondisi ini akan dapat membuat kelembaban alami rambut menjadi hilang.

Salah satu dampak dari rambut yang kehilangan kelembaban alaminya adalah rambut yang mudah patah, kusam dan bahkan rontok. Untuknya, pastikan anda menjaga rambut tetap lembab secara alami dengan tidak sering keramas.

Adapun waktu keramas yang dianjurkan adala h 2 sampai dengan 3 kali dalam satu minggu sehingga minyak alami pada rambut tidak menghilang. Gunakan pula produk pembersih rambut yang cocok dengan jenis rambut anda. Hindari menggunakan sampo yang punya kandungan busa terlalu banyak sebab ini akan sangat merusak rambut anda.

Hindari Mengeringkan Rambut dengan Menggosoknya

Selama ini kita sering terjebak dengan kekeliruan yakni dengan mengeringkan rambut menggunakan handuk dengan cara menggosoknya satu dengan yang lainnya. Cara ini sering dianggap sebagai cara yang ampuh untuk mengurai rambut dan mengeringkan sebagian air yang ada pada rambut setelah keramas.

Meskipun pada akhirnya rambut menjadi cepat kering. Namun yang terjadi rambut akan saling bergesekan dan ini akan merusak rambut dan merusak bagian lapisan terluar rambut. Untuknya, sebaiknya perhatikan dengan baik pada saat mengeringkan rambut. Sebaiknya pastikan air pada rambut dibuang dengan cara mengmpulkan rambut dan menariknya ke arah luar. Sampai air menetes anda bisa membiarkan rambut dan menggulungnya dengan handuk agar air meresap dengan merata.

Untuk mengeringkanya, anda bisa membiarkannya sampai kering dengan sendirinya. Atau anda bisa mengelapnya dengan perlahan yang terpenting hindari menggosok rambut dengan merata dimana hal ini akan merusak kesehatan rambut anda sendiri.

Hindari Menyisir Rambut Saat Basah

Cara lain yang perlu diperhatikan untuk menjaga rambut tetap sehat adalah tidak menyisir rambut pada saat basah. Hal ini dikarenakan pada saat basah, rambut dalam keadaan paling rapuh dan mudah patah. Memaksakan menyisir rambut pada kondisi ini malah akan membuat rambut mudah rontok. Alhasil anda bisa kehilangan banyak rambut dan ini tentu sangat merugikan.

Sisirlah rambut pada saat rambut setengah kering, lakukan dengan perlahan dan perhatikan jenis sisir yang anda gunakan. Untuk menghindari kerontokan bagi anda yang punya riwayat rambut rontok maka pastikan gunakan sisir dengan gigi yang jarang.

Lakukan dengan lembut dengan perlahan dan penuh kesabaran. Untuk rambut yang kusut sebaiknya gunakan bantuan jari-jari tangan anda untuk memecah bagian rambut yang saling menali satu dengan yang lainnya. Cara ini dilakukan untuk meminimalisir kerontokan akibat rambut patah karena ditarik terlalu kuat.

Perhatikan Nutrisi dari Dalam

Selain perawatan dari luar, rambut pun butuh perawatan dari dalam. Oleh karenanya, nutrisi rambut dari dalam menjadi hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Dalam hal ini pemilihan makanan sehat akan menjadi nutrisi penting yang bisa anda berikan untuk mendukung rambut sehat.

Asupan nutrisi dari makanan sehat seperti buah dan sayur serta makanan dengan kandungan kaya akan protein menjadi asupan penting. Jadi demikian, selain memberikan perawatan rambut yang terbaik, imbangi pula dengan asupan makanan yang sehat ke dalam tubuh.

Loading...

Loading...