Yuk Manfaatkan Majalah Bekas dan Daur Ulang Menjadi Tempat Sampah yang Unik dan Menarik

Memiliki rumah dengan keadaan bersih dan nyaman pada sejatinya merupakan hal yang banyak diimpikan oleh semua orang. Untuk itu tidak jarang jika pada saat ini banyak orang melakukan cara apapun untuk membuat rumahnya tampak seperti itu. Tidak jarang juga mereka mengeluarkan uang yang tidak sedikit demi membeli furniture atau perabotan rumah tangga agar bisa membuat rumahnya nyaman untuk di huni. Namun, biasanya keinginan untuk memiliki rumah yang bersih dan nyaman terhambat oleh berbagai hal. Salah satu hambatan yang sering menyelimuti yakni banyaknya barang-barang bekas yang tersimpan di rumahnya. Pasalnya dengan barang-barang bekas tersebut maka keadaan rumah akan menjadi pengap dan juga terganggu keindahannya, untuk itu tidak jarang jika ada segelintir orang yang selalu mempermasalahkan keberadaan barang bekas ini.

Selama ini kita semua selalu menganggap bahwa barang bekas tidaklah berguna. Sehingga tidak jarang jika banyak orang membuang barang-barang bekas dan tidak memanfaatkannya kembali. Ditambah lagi zaman modern seperti ini membuat semua orang memiliki hasrat belanja yang sangat tinggi sehingga kemungkinan besar barang-barang bekas di rumah akan semakin menumpuk dan menumpuk saja. Namun tahukah anda, sebenarnya barang bekas tersebut bisa dimanfaatkan dan dijadikan barang sedemikian rupa agar bisa bermanfaat untuk kehidupan. Dengan cara ini pula maka dapat mengurangi sedikitnya timbunan barang bekas di rumah. Menyulap sampah atau barang bekas yang ada di rumah juga bisa menjadi sesuatu yang bernilai dan juga dapat dijadikan bisnis yang menguntungkan. Ya, seperti halnya sosok Dewi Tanjung, ia sukses akan bisnis yang digelutinya selama ini, dimana ia berbisnis souvenir pernikahan. Souvenir pernikahan yang diciptakannya sangatlah unik dan kreatif. Ia hanya menciptkana souvenir tersebut dengan memanfaatkan barang-barang bekas.

Nah, untuk itu kita bisa meniru kekreatifan sosok Dewi tanjung tersebut. Bukan diperuntukan untuk berbisnis ataupun dijual, namun kita cukup membuat barang-barang dari barang bekas untuk dimanfaatkan sendiri. Biasanya salah satu barang bekas yang banyak diabaikan oleh pemiliknya di rumah yaitu majalah, dan majalah bekas ini bisa kita daur ulang menjadi beberapa macam barang yang mungkin bisa bermanfaat seperti salah satunya dibuat menjadi tempat sampah. Dengan adanya tempat sampah dari majalah bekas ini anda tidak usah membeli tempat sampah lagi. Ada istilah yang menyebutkan bahwa "sekali mendayung maka dua lautan terlampaui", sama halnya seperti sekarang ini dimana selain mendapatkan tempat sampah yang unik, rumah anda juga akan nyaman karena terbebas dari barang-barang bekas. Nah, di bawah ini merupakan cara membuat tempat sampah dari majalah bekas. Jika ingin mencoba membuatnya di rumah anda bisa langsung saja simak bahan yang diperlukan dan tutorialnya di bawah ini.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

  • Majalah bekas secukupnya
  • Lakban bening
  • Gunting
  • Lem Tembak

Cara Membuat Tempat Sampah yang Unik dan Menarik dari Majalah Bekas

1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu, sobek kertas majalah hingga terpisah. Lalu, ambil salah satu kertas majalah dan lipatkan dengan arah vertikal hingga beberapa kali lipatan. Lakukan cara yang sama untuk lembaran kertas majalah yang lainnya.
2. Selanjutnya, gulungkan satu kertas majalah yang telah dilipatkan sebelumnya hingga beberapa kali gulungan dan rekatkan dengan menggunakan lakban bening yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah itu, gulungkan kembali gulungan majalah tersebut dengan lipatan kertas majalah yang lainnya. Gulungkan majalah ini hingga berukuran cukup besar sebagai alas dari tempat sampah.
3. Kemudian, buat kembali gulungan dari majalah yang telah dilipatkan, lalu gulungkan kembali menjadi gulungan kecil. Ulangi langkah seperti ini untuk gulungan-gulungan yang lainnya, dan buatlah gulungan dalam jumlah yang banyak sebagai kerangka dari tempat sampah yang akan kita buat ini.
4. Jika sudah terkumpul banyak gulungan, selanjutnya susun gulungan-gulungan majalah tersebut mulai dari menempelkan pada bagian alas yang sebelumnya telah kita buat. Gunakan lem tembak untuk merekatkannya agar lebih kuat dan tidak terlepas kembali. Susun gulungan ini sampai berbentuk tempat sampah sempurna.

Itulah cara membuat tempat sampah yang unik dan menarik. Setelah menyimak tutorial di atas alangkah baiknya anda simak tips dan saran di bawah ini.

Tips dan Saran

Pemilihan Majalah

Dalam hal ini pemilihan majalah haruslah diperhatikan. Meskipun kita memanfaatkan majalah bekas tetapi anda juga diharapkan selektif dalam memilih majalah. Anda disarankan untuk memilih majalah dengan kualitas yang cukup baik, janganlah pilih majalah yang telah rapuh karena ini akan mempengaruhi umur dan ketahanan dari tempat sampah yang di buat.

Kreatif

Selain pemilihan majalah, anda juga dituntut untuk keratif. Kekreatifan ini juga akan berpengaruh pada hasil tempat sampah yang dibuat. Dalam hal ini anda tidak harus terpicu pada tutorial di atas, maksudnya anda bisa membuat tempat sampah ini dengan bentuk sesuai keinginan anda, seperti bentuk kubus, prisma atau animasi dan yang lainnya. Tidak hanya itu, anda juga bisa menyesuaikan motif majalah dan warna majalah yang akan anda gunakan. Jika anda ingin tampilan tempat sampah menjadi lebih menarik dan cantik anda bisa memilih kertas majalah dengan campuran warna-warna menarik atau anda juga bisa menambahkan pernak-pernik lain pada tempat sampah yang anda buat.

Saran Penyimpanan dan Penggunaan

Tempat sampah ini bisa anda simpan di berbagai ruangan dalam rumah anda seperti di ruang tamu, di dapur atau di kamar. Tempat sampah dari majalah bekas ini juga hanya bisa digunakan untuk sampah-sampah kering seperti kertas, plastik atau tisu bekas. Sebenarnya barang yang dibuat dari majalah bekas ini bukan hanya bisa digunakan sebagai tempat sampah, tetapi anda juga bisa mengganti fungsinya misalkan sebagai tempat penampung baju yang kotor, tempat menyimpan mainan anak-anak atau tempat menyimpan buku-buku sekolah jika anda membuatnya dengan bentuk kubus.

Memanfaatkan barang bekas yang ada di rumah memanglah sebuah ide cerdas. Mendaur ulang barang bekas juga memanglah menjadi sesuatu yang sangat penting pada dewasa ini. Selain mengurangi tumpukan sampah di rumah, memanfaatkan barang bekas juga dapat menjaga bumi ini agar selalu lestari dan terhindar dari bencana banjir.

Berikut Video yang Bisa Anda Saksikan

Loading...

Loading...